Pawai obor Asian Games
Ilustrasi pawai obor Asian Games. (foto istimewa)

Terlambat dari Jadwal, Warga Solo Tetap Antusias Ikuti Pawai Obor Asian Games

JAKARTA (IndependensI.com) – Pawai obor Asian Games disambut antusias ribuan warga Solo, Kamis (19/7/2018) siang.

Masyarakat umum dan para pelajar tumpah ruah di sepanjang jalan yang dilalui kirab. Meski terlambat dari jadwal yang diagendakan, masyarakat tetap antusias menunggu di bawah terik matahari panas.

Kirab obor api dari India dan api abadi Merapen yang disatukan di Yogyakarta, dijadwalkan tiba di Tugu Makutha sekitar pukul 11.00 WIB. Namun, rombongan pembawa obor baru tiba sekitar pukul 12.38 WIB

“Penyambutan obor Asian Games dilakukan sejak dari Tugu Makutha hingga di Tugu Pemandengan depan Balai Kota,” kata Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo (Rudy), Kamis (19/7/2018) siang.

Obor Asian Games 2018 dibawa atlet, artis, dan beberapa pejabat daerah. Setiap 500 meter, obor tersebut akan diusung secara estafet. Rencananya, malam ini obor Asian Games 2018 akan menginap di Balai Kota.

Pada Jumat (20/7/2018) pagi, obor sudah dibawa menuju ke kota berikutnya. Panitia Pelaksana Torch Relay Api Asian Games Yogya-Solo, Suharto mengatakan, Solo menjadi satu kota yang disinggahi.

Sejumlah atlet pembawa obor secara estafet berlari membawa obor menuju Stadion Sriwedari, lalu ke Balai Kota Solo. Ada 20 atlet yang disiapkan Inasgoc, sponsor dan panitia lokal Solo serta Polri dan TNI bergantian membawa obor.

“Ada bazar dan pentas seni di beberapa titik di Solo. Seperti di Stadion Sriwedari dan Balai Kota,” papar Suharto.(BM/ist)