pendatang baru
Ilustrasi pemeriksaan pendatang baru. (foto istimewa)

Dukcapil Jaksel Data Ratusan Pendatang

JAKARTA (IndependensI.com) –  Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan menerbitkan 281 Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) dalam operasi Bina Kependudukan (Binduk) yang digelar di Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan, Abdul Haris mengatakan, pihaknya mendorong pendatang baru untuk membuat SKDS. Sehingga seluruh data kependudukan di Jakarta Selatan bisa lebih valid.

“Total pada Binduk tadi malam kami terbitkan 281 SKDS bagi warga yang KTP-nya masih luar DKI Jakarta,” katanya kepada wartawan, Kamis (18/7/2018).

Dia menjelaskan, selain menerbitkan SKDS, dalam biduk kali ini pihaknya juga membuka layanan lainnya. Di antaranya seperti perekaman e-KTP, pendistribusian e-KTP, serta pembuatan akta kelahiran.

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut, total warga yang dilayani tercatat ada 287 jiwa. Rinciannya, pembuatan SKDS sebanyak 281 orang, WNA satu orang, akta kelahiran satu orang, distribusi e-KTP tiga orang, dan perekaman e-KTP satu orang.

“Warga tidak perlu datang ke kantor. Semua kami layani di tempat untuk memudahkan warga dalam mengurus administrasi kependudukan,” ucapnya.

Haris menambahkan, Binduk kali ini merupakan yang kedua kalinya digelar pasca Lebaran setelah di Kelurahan Cipulir pekan lalu. “Ke depan masih ada beberapa kelurahan lagi yang akan dilakukan Binduk,” tandasnya.(BM/ist)