Ketua OJK Sebut Ekonomi Dunia Sedang Terguncang

JAKARTA (independensi.com) – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK)Wimboh Santoso mengatakan, saat ini ekonomi dunia sedang mengalami guncangan, sehingga menyebabkan ketidakpastian ekonomi di dalam negeri. Menurutnya, apa yang terjadi di Indonesia akibat gejolak ekonomi yang kian tidak menentu.

“Kita ketahui bahwa perekonomian dunia sedang bergoyang dan ini sudah kita ketahui bersama penyebab utamanya bukan dari dalam negeri, tapi eksternal,” kata Wimboh di Gedung OJK, Kamis (4/10/2018).

Menurut Wimboh dua hal yang menonjol dan menimbulkan guncangan adalah normalisasi suku bunga AS dan pengenaan tarif yang merupaka bagian dari perang dagang.

“Ini dampaknya cukup besar, seluruhnya. Sehingga beberapa negara menyesuaikan kebijakan suku bunganya supaya investor portofolio ini tidak mengurangi sentimen negatif terhadap sebuah pasar di negara,” papar Wimboh.

Dia memastikan, suku bunga dan dampaknya ini akan dialami jangka pendek. Kemudian, untuk perang dagang, Wimboh menuturkan ada perubahan persepsi perdagangan dunia.  “Ini mempengaruhi kapasitas ekspor AS di beberapa negara. Ini hanya persepsi ke depan saja,” tegas Wimboh.