Presiden RI Joko Widodo. (foto istimewa)

Jokowi Bangga Prestasi Atlet di Asian Para Games 2018

JAKARTA (IndependensI.com) –  Presiden RI Joko Widodo mengaku bangga atas prestasi yang diperlihatkan atlet disablitas Indonesia di Asian Para Games 2018.

Target yang dicanangkan pun berhasil dilampaui baik posisi maupun perolehan medali.  Awalnya, pemerintah hanya menargetkan kontingen Indonesia mendulang 16 medali emas. Begitu pun dengan posisi yang hanya dipatok 8 besar.

“Target yang saya berikan jelas di awal, 16 harus. Kemudian masuk ke 8 besar, harus. Tapi ternyata meleset semuanya, melesetnya ke atas,” kata Presiden di dapan rombongan kontingen Asian Para Games Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (13/10/2018).

Menurut Jokowi, seperti dikutip Antara, para atlet berhasil meningkatkan perolehan medali emas hingga pada hari terakhir perhelatan olah raga itu. Kepala Negara mengatakan akan menyerahkan langsung sejumlah bonus bagi para atlet yang berhasil meraih medali dalam pertandingan Asian Para Games 2018.

“APBN yang keluar untuk saudara-saudara lebih banyak, tapi kita syukuri Alhamdulillah karena ini untuk nama bangsa dan negara Indonesia,” tegas Jokowi.

Jokowi tegaskan negara tidak rugi memberikan bonus uang kepada atlet berprestasi. Jumlah bonus yang diberikan kepada para atlet Asian Para Games sama dengan besaran yang diberikan kepada peraih medali dalam Asian Games 2018.

“Mungkin yang dapat emas yang belum hadir di sini akan saya serahkan sendiri. Kan masih ada waktu sampai sore. Saya rasa itu. Sekali lagi saya amat bangga pada saudara-saudara sekalian,” ungkap Jokowi.

Sampai Sabtu siang (13/10/2018), Indonesia sudah berhasil mendulang 37 emas, 47 perak dan 51 perunggu. Dengan medali tersebut, Indonesia berada di peringkat kelima di bawah China yang jadi juara umum, Korsel, Iran dan Jepang.(budi/ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *