4 Tahun Jokowi – JK, Kementerian PUPR Bangun 3.432 Km Jalan Nasional dan 941 Jalan Tol

JAKARTA (independensi com) – Selama memimpin Indonesia, pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla fokus terhadap pembangunan infrastruktur. Pemerintah membangun infrastruktur untuk mendorong perekonomian serta meningkatkan daya saing.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, selama 4 tahun tahun Jokowi-JK ribuan kilometer (km) jalan nasional sudah dibangun.

“Sampai 2018 telah terbangun 3.432 km jalan nasional,” kata Basuki dalam acara 4 Tahun Kerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla di Auditorium Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (28/10/2018).

Tidak hanya jalan nasional, Basuki memaparkan, pemerintah juga membangun jalan bebas hambatan alias jalan tol. Basuki mengatakan, hingga 2018 sudah terbangun 941 km.

“Dalam waktu dekat beberapa jalan tol akan diresmikan antara lain Pejagan-Pemalang, Sragen-Ngawi sudah siap, sudah layak fungsi, menunggu jadwal Presiden,” katanya.

Selain jalan, tambah Basuki, pemerintah juga membangun jembatan dengan total panjang 39,8 km, kemudian jembatan gantung sebanyak 143 buah mengganti jembatan indiana jones untuk mendukung konektivitas.

“Demikian juga dengan proyek bendungan sampai akhir tahun 2018 akan diselesaikan 57 bendungan, dan 949 embung untuk mendukung ketersediaan air irirgasi pertanian ”Tambah Basuki.

“Untuk Pos Lintas Batas Negara (PLBN) telah dibangun 7 PLBN di 3 Propinsi yang berfungsi sebagai gerbang keluar masuknya masyarakatdari Indonesia ke negara tetangga, ataupun sebaliknya”, Pungkas Basuki.