Dosen FTUI Beri Edukasi Tertib Lalu Lintas Bagi Siswa SD di Depok

Loading

DEPOK (IndependensI.com) – Dosen Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Pengmas) dalam rangka Aksi UI Peduli Ramah Anak bertajuk “Pelatihan Keselamatan Berlalu Lintas Bagi Murid SD” sebagai bentuk kepedulian sivitas akademika FTUI untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan anak. Sasaran utama kegiatan ini adalah bagi murid di SD PSKD Kwitang VIII, Jalan Pitara, Depok yang berlangsung pada Kamis (25/10/2018).

Ketua Tim Pengabdi Ir. Martha Leni Siregar, MSc., yang merupakan dosen Departemen Teknik Sipil FTUI, menuturkan, “Kami melakukan pengenalan mengenai berlalu lintas yang selamat dan apa yang harus dilakukan untuk menjadi pengguna jalan yang baik. Kami mengundang pula dua narasumber dari unit Dikmas Satlantas Polres Depok, Ipda Purwanto dan Brigpol Nurshanti yang memberikan paparan dan kegiatan interaktif dengan siswa.”

Siswa/siswi SD PSKD Kwitang 8 Jln Pitara Depok

Beberapa poin penting materi yang disampaikan adalah pentingnya berlalu lintas dengan selamat, penggunaan helm, pengenalan rambu, cara menyeberang dan lain-lain. Adapun materi yang disampaikan disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman siswa sehingga kegiatan berlangsung dengan aktif, ceria dan gembira dengan menggunakan alat peraga sehingga memudahkan para murid mengerti dan mengingat apa yang disampaikan dalam kegiatan tersebut.

Para murid menunjukkan antusiasmenya dan berperan aktif ketika dilakukan tanya jawab dan saling berlomba menjawab pertanyaan yang diberikan oleh para pelatih. Kepala Sekolah Dasar PSKD Kwitang VIII Depok, Yulia Prihatin mengatakan, “Kami berterima kasih kepada tim dari UI yang telah hadir berbagi ilmu kepada anak-anak kami. Murid sangat antusias dan diharapkan mereka dapat mengerti pentingnya berlalu lintas dengan selamat. Sebagai penutup para murid dengan antusias meneriakkan yel-yel Pelopor Keselamatan untuk pejalan kaki yang diajarkan dengan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna jalan anak. “Siapa saya? Saya Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas.”

Siswa SD PSKD Kwitang 8 Jln Pitara Depok

Diharapkan, upaya pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh sivitas akademika UI dapat berdampak bagi masyarakat di sekitar wilayah kampus UI maupun di berbagai wilayah lainnya yang ada di Indonesia. UI tengah menggencarkan melalukan pengabdian masyaraakat sebagai bentuk pemberdayaan diri sivitas akademika UI – dosen dan mahasiswa – agar dapat memberikan manfaat bagi kepentingan masyarakat. (pr)