Ribuan peserta CPNS Pemkot Bekasi sedang mengikuti tes seleksi di Gedung Pemkab Bogor. (humas)

Tes CPNS Pemkot Bekasi Diikuti 7.093 Peserta

BEKASI (IndependensI.com)- Sebanyak 7.093 orang mengikuti tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi. Para peserta mengikuti tes di Gedung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor Jawa Barat mulai tanggal 3 sampai 7 November 2018 yang dibagi beberapa sesi/kelompok.

Pelamar adalah mereka yang lolos seleksi administrasi beberapa waktu lalu. Kini  peserta mulai melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan sistem  Computer Assisted Test (CAT) di pusatkan pada Gedung Tegar Beriman, Komplek Pemkab Bogor, Kecamatan Cibinong, diawali Sabtu (3/11/2018) dan berakhir Rabu (7/11/2018).

Sekretaris BKPPD Kota Bekasi, Dwi Andyarin menjelaskan,  tahun ini  tes lebih efisien dengan sistem CAT dan alat bantu komputer yang memungkinkan terpenuhinya standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS dalam mewujudkan profesionalisme PNS.

Peserta ataupun masyarakat dapat memonitor hasil tes melalui layar monitor yang disiapkan di lokasi tes. Melakui layar monitor dapat mengetahui siapa-siapa saja yang mendapat hasil paling tinggi.”Hal ini lebih transparansi, akuntabel dan objektif,” ujarnya.

Penggunaan sistem ini memberikan harapan bagi terjaringnya CPNS yang memenuhi kualifikasi sesuai dengan kebutuhan riil organisasi perangkat daerah yang dipersyaratkan dalam formasi CPNS.

“Tes seleksi tahun ini dilangsungkan selama lima hari kedepan mulai tanggal 3 – 7 November 2018, yang diikuti 7.093 orang,” ujarnya.

Setiap harinya, ribuan orang yang dijadwalkan mengikuti ujian secara bergantian , setiap gelombang yang mengikuti ujian sebanyak 350 orang akan mengerjakan soal yang berbeda-beda. Peserta akan diberi waktu 1,5 jam untuk menjawab 100 soal, terangnya. “Kami berharap penyelenggaraan seleksi cpns dapat berlangsung dengan baik,” ia menambahkan. (jonder sihotang)