Ma'ruf Amin
Ma'ruf Amin. (foto istimewa)

Ma’ruf Amin Bicara Alasan Disukai Masyarakat Jabar

JAKARTA (IndependensI.com)  – Survei Indopolling Network memotret tingkat pengenalan dan kesukaan dua cawapres Ma’ruf Amin dan Sandiaga S Uno di wilayah Jawa Barat (Jabar).

Hasilnya Sandi unggul dari sisi dikenal responden. Namun Sandi kalah dari Ma’ruf dalam hal disukai masyarakat Jabar.

Ma’ruf enggan mengklaim disukai responden di Jabar karena rajin berkeliling ke pondok pesantren. Dia mengakui penilian tersebut berkat kepemimpinan Presiden Jokowi selama periode pertama.

“Ada kemaslahatan dan kemanfaatan yang dirasakan. Ya kemudian berkat dukungan para ulama. Kemudian dan berkat komunikasi kita,” ujar Ma’ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Ma’ruf menganggap cara komunikasi yang dilakukan Jokowi dan dirinya selama ini dengan cara santun, menyapa dan mengajak masyarakat. Bukan sebaliknya dilakukan dengan cara kasar dan memaki-maki.

“Itu mungkin yang menjadi mereka simpati ke kita. Jadi terima kasih kalau itu memang menjadi elektabilitasnya tinggi,” kata Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu.

Mengenai sejumlah wilayah antara lain Depok dan Bekasi yang menjadi basis suara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai pengusung Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno, mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu menilai semua berlomba untuk merebut simpati masyarakat di sana.

Dia mengingatkan untuk menggunakan cara-cara yang santun dan tidak elitis dalam merebut hati pemilih. “Kita memang di dalam pilpres nanti memang merebut umat , merebut masyarakat,” tandasnya.(budi/ist)