Rangkaian acara dalam rangka peringatan Dies Natalis ke-33 FIK UI ditutup dengan potong tumpeng di Kampus UI, Depok, Kamis (15/11/2018).

FIK UI Peringati Dies Natalis ke-33

DEPOK (IndependensI.com) – Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia memperingati dies natalis ke-33. Peringatan ditandai dengan dua kegiatan internasional yaitu the 2nd International Nursing Scholar Congress (INSC) dan the 3rd International Nursing Student Symposium and Festival di Kampus UI Depok, 13-15 November 2018.

INSC tahun ini mengangkat tema “Healthy Nurse, Healthy Nation: Health is a Human Right”. Tampil sebagai pembicara utama adalah Dekan John Hopkins University, Prof Patricia Davidson, PhD, Med, RN, FAAN; dan Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Ir Diah Indrajadi, MSc.

Pembicara lain yang tampil adalah perwakilan WHO di Indonesia, Sugeng Eko Irianto, MPS, PhD; Dekan FIK UI Agus Setiawan, DN; dan Prof Karina Lovell dari University of Manchester.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakta, dan sejalan dengan rencana dan strategi FIK UI 2018-2022,” kata Agus Setiawan dalam sambutannya, Kamis (15/11/2018).

“Kongres dan simposium ini juga sesuai dengan visi kami yaitu menjadikan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia sebagai pusat pengembangan ilmu dan teknologi keperawatan yang peka budaya. Kami juga ingin dapat bersaing di kancah nasional dan internasional, serta berkontribusi untuk pembanguan kesehatan pada 2035 dan mempersiapkan FIK UI unggul di Asia Tenggara,” ujarnya.

Ketua panitia, Herni Susanti, SKp, MN, PhD, mengaku puas dengan pelaksanaan kongres dan simposium tahun ini. Herni mengatakan tahun depan FIK UI dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan yang lebih besar. “Tahun depan FIK UI akan menjadi tuan rumah kegiatan serupa untuk tingkat Asia,” kata Herni.

Dia mengatakan bahwa antusias peserta cukup besar. Hal itu terbukti dengan masuknya 196 makalah yang dipresentasikan. Jumlah makalah dari Indonesia masih yang terbanyak dengan total 166 makalah. Sebanyak 122 berasal dari UI, sementara 44 dari non-UI.

Sebanyak 15 makalah dibawakan peserta asal Malaysia, 11 makalah dari Filipina, sementara Thailand dan Taiwan masing-masing dua makalah.

Peringatan Dies Natalis ke-33 FIK UI ditutup dengan potong tumpeng oleh Agus Setiawan didampingi Wakil Rektor UI Bidang Keuangan dan Administrasi Umum, Prof Sidharta Utama, PhD, CFA; Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, drg Novarita; Ketua Senior Nursing Group, Yohanna; dan Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Hanif Fadilah, SKp, Mkep.