Presiden Jokowi Resmikan 4 Ruas Tol Jawa Timur Sepanjang 59 km

MOJOKERTO( IndependensI.com) – Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Segmen Wilangan-Kertosono sepanjang 38 Km, Jalan Tol Gempol-Pasuruan Segmen Pasuruan-Grati sepanjang 14 Km, Jalan Tol Surabaya-Gempol Seksi Relokasi Porong-Gempol 6 Km dan Jalan Tol Jombang-Mojokerto Seksi Bandar-Kertosono sepanjang 1 Km pada hari Kamis (20/12).

Dalam Laporanya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, bapak Presiden bahwa pagi ini Kamis (20/12/) kitaberada di kilometer 671 pada ruas tol trans Jawa, titik nol berada di Cawang, yang membentang dari Merak hingga Banyuwangi sepanjang 1150km.

Dari panjang tersebut 933km telah tersambung dari Merak hingga Grati Pasuruan termasuk empat ruas jalan tol yang akan diresmikan oleh bapak presiden di tempat ini,” lanjut Basuki.

Keempat ruas jalan tol di Jawa Timur dengan panjang 59km meliputi: Wilangan – Kertosono sepanjang 38 km, Kertosono – Bandar sepanjang 1 km, Relokasi Porong – Gempol sepanjang 6 km,  danPasuruan – Grati sepanjang 14 km.

Dengan tersambungnya ruas tol Trans Jawa dari Merak hingga Grati-Pasuruan, maka dari tahun 2015 hingga 2018, telah diselesaikan secara keseluruhan pembangunan 616 km jalan tol. Penyelesaian pembangunan ini melengkapi ruas-ruas jalan tol yang telah dioperasikan pada masa sebelumnya, yakni pada kurun 1978 hingga 2004 sepanjang 242 km jalan tol, serta pada kurun 2005 hingga 2014 sepanjang 75 km.

Pada kesempatan yang baik ini, perkenankan kami menyampaikan pula terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kementerian/Lembaga dan BUMN yang telah bekerjasama dengan sangat baik selama proses pembangunan ruas-ruas tol Trans Jawa, khususnya kepada Kementerian BUMN, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agama, TNI/Kepolisian RI, Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Tinggi, Pemerintah Provinsi Jawa Timur beserta Pemerintah Kabupaten/Kota terkait, para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), para kontraktor, serta seluruh lapisan masyarakat.

Demikian laporan kami, selanjutnya kami mohon perkenan Bapak Presiden RI untuk dapat meresmikan pengoperasian keempat ruas tol di Jawa Timur sepanjang 59 km untuk selanjutnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang akan melaksanakan libur Natal dan Tahun Baru 2019 sesuai tugas yang diberikan oleh Bapak Presiden pada kami. Kami usulkan kepada Bapak Presiden bahwa tarif keempat ruas tol yang akan diresmikan kiranya dapat digratiskan hingga berakhir libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Presiden Joko Widodo  dalam sambutannya mengatakan, bapak ibu dan saudara sekalian pagi ini akan kita resmikan empat ruas jalan tol di Propinsi Jawa Timur yaituWilangan – Kertosono, Kertosono – Bandar, dan Relokasi Porong – Gempol,  serta Pasuruan – Grati sepanjang 59 km, dan nantinya di Jawa Tengah juga akan kita resmikan jalan tol Pemalang -Batang, Bata- Semarang, serta Salatiga-Kartosuro sepanjan 132km.

Dengan diresmikanya jatan tol di Jawa Timur dan Jalan tol di jawa tengah maka ruas trans Jawa dari Merak sampai dengan Surabya sudah tersambung mulai hari ini dan bisa dilalui.

Jokowi berharap, dengan adanya jalan tol trans Jawa ini, perekonomian di kawasan-kawasan yang dilalui akan semakin meningkat.

“Dengan semakin terkoneksinya antar wilayah di pulau Jawa, maka Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) serta kawasan-kawasan industri bisa semakin mudah diakses dan hal ini bisa mendatangkan investor-investor baru ke Indonesia.”lanjut Jokowi.

“Dengan dibukanya jalan tol di Jawa Timur dan di Jawa Tengah ini artinya Jakarta hingga Surabaya itu sudah bisa terhubung dan bisa dilalui kendaraan setelah hari ini,” pungkas Jokowi.

“Dengan mengucap bismillahirrohmaanirrohim, hari ini saya resmikan segmen Wilangan-Kertosono, Kertosono-Bandar, relokasi Porong -Gempol, dan ruas Pasuruan – Grati  sepanjang 59  kilometer propinsi Jawa Timur saya nyatakan resmi dibuka ,” kata Presiden Jokowi sambil menekan tombol sirine peresmian.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam persemian tersebut, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Desi Arryani, Direktur Pengembangan Jasa Marga Adrian Priohutomo, Direktur Utama PT Jasamarga Gempol-Pasuruan Rahardjo, Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri Iwan Moedyarno beserta jajaran direksi kelompok usaha Jasa Marga, Kamis (20/12).

Sebagaimana diketahui, ruas tol Ngawi – Kertosono dimana Jokowi meresmikan empat ruas tol trans Jawa di segmen Jawa Timur, memiliki total panjang 87,02 kilometer. Ruas tol tersebut dikelola oleh PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Pekerjaan di ruas Ngawi-Wilangan sepanjang 49,50 kilometer sendiri dilakukan oleh PT JNK dan sudah dioperasikan sejak 1 April 2018 lalu. Sedangkan sisanya 37,97 kilometer, yang menyambungkan antara Wilangan-Kertosono dikerjakan oleh pemerintah melalui skema Viabibity Gap Find (VGF).