Gubernur Jawa Barat menyerahkan bus bantuan Kemenhub kepada Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto. (humas)

Pemkot Bekasi Terima 21 Bus Bantuan Kemenhub

BEKASI (IndependensI.com)- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyerahkan 67 unit bus rapid transit dan bus sekolah dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada beberapa pemerintah daerah di Jawa Barat. Penyerahan dilaksanaka di halaman Gedubg Sate Kantor Gubernur Jawa Barat, kemarin

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto  menerima 1 unit Bus Sekolah dan 20 unit Bus Rapid Transit (BRT).  Kota Bekasi menjadi kota terbanyak penerima hibah bus. Penyerahan hibah dirangkaikan dengan tiga peringatan hari besar nasional, yaitu Hari Kesetiawakanan Sosial Nasional, Hari Bela Negara, dan Hari Nusantara.

Selain Kota Bekasi, beberapa kota lainnya  juga mendapatkan hibah bus sekolah dan BRT yaitu Tasikmalaya, dan Banjar, serta Pemkab Pangandaran, Kuningan, Garut, Ciamis, Tasikmalaya, Cianjur, dan Indramayu.

Ridwan Kamil berharap bantuan bus tersebut dapat melancarkan aktivitas transportasi umum di kabupaten/kota di Jawa Barat.

“Ada 50-an bus untuk penumpang umum dan bus sekolah dihibahkan Kementerian Perhubungan kepada provinsi, kami hibahkan kembali ke daerah penerima,” ujarnya.

Tri juga berharap adanya tambahan armada bus ini memberikan kemudahan bagi warga Kota Bekasi dalam beraktifitas.

“Kita bersyukur ada tambahan armada, semoga menjadi transportasi masal bagi warga dan memperluas rute Transpatriot, sehingga mengurangi kendaraan pribadi di jalanan. Selain itu, bus-bus ini bertujuan untuk mempercepat peningkatan penggunaan transportasi publik yang terjangkau, aman dan nyaman,” katanya.

Pemkot Bekasi sendiri, telah menyediakan bus angkutan massal Transpatriot. Belasan unit bus, melayani beberapa trayek guna memudahkan masyarakat Bekasi menuju tempat kerja dan tempat tinggal. Pengadaan angkutan massal itu dilakukan guna mengurangi kemacetan mengingat banyaknya angkutan perkotaan di Kota Bekasi. (jonder sihotang)