Di Malam Tahun Baru Pemprov DKI Siagakan 6.800 Petugas Kebersihan

JAKARTA (IndependensI.com) – Pada malam perayaan pergantian tahun baru, Dinas Lingkungan Hidup DKI menyiagakan sebanyak 6.800 petugas kebersihan untuk mengangkut sampah pada malam tahun baru. Petugas tersebut nantinya akan disebar ke beberapa lokasi sekitar DKI Jakarta.

“Kami kerahkan 6.800 petugas kebersihan. Petugas ini terdiri atas sopir truk sampah, kru, dan regu comot. Bahkan kami juga mengerahkan petugas tambahan dari UPK Badan Air untuk membantu di darat dan berkerja sama dengan PPSU kelurahan di wilayah masing-masing,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji kepada wartawan, Jumat (28/12/2018).

Rencananya, mereka akan menyingkirkan sampah-sampah mulai Senin (31/12) pukul 00.30 WIB dan ditargetkan selesai pada Selasa (1/1) sebelum pukul 06.00 WIB. Dia mengatakan petugas yang dikerahkan tidak hanya di tempat acara tahun baru saja, tapi juga di beberapa perkampungan.

“Tidak hanya di tempat-tempat acara utama Ibu Kota, setiap kampung di Jakarta juga biasanya menggelar perayaan, baik acara hiburan, istigasah, zikir akbar, ataupun doa bersama. Semuanya harus diantisipasi penanganan kebersihannya,” ucapnya.

Selain itu, Isnawa menjelaskan, pihaknya mengerahkan kendaraan angkut sampah jenis compactor 100 unit, mobil penyapu jalan otomatis (road sweeper) 50 unit, pikap lintas 42 unit, 25 bus toilet. Nantinya, TPST Bantargebang juga akan beroperasi 24 jam dan menyebar ribuan tempat sampah di lokasi-lokasi keramaian saat malam tahun baru.