Masa Libur Sekolah, Pengunjung Kebun Binatang Ragunan Meningkat Signifikan

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Memasuki masa libur sekolah banyak masyarakat atau orang tua mengajak putra-putrinya mengunjungi berbagai obyek wisata. Salah satunya obyek wisata khususnya di ibukota Jakarta yang menjadi favorite adalah Kebun Binatang atau Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Sudah seminggu ini sejak libur sekolah dimulai 22 Desember 2018, Kebun Binatang Ragunan dipenuhi pengunjung yang tidak hanya saja datang dari berbagai pelosok ibukota Jakarta, tapi ada juga dari luar kota pinggiran Jakarta dan daerah.

Para pengunjung ada datang pakai kendaraan pribadi, baik motor atau mobil. Selain naik angkutan umum seperti busway, dan juga datang secara ramai-ramai atau rombongan dengan menggunakan bus besar atau berukuran sedang.

Kepala Satuan Pelaksana Promosi dan Pengembangan Usaha Taman Margasatwa Ragunan (TMR) I Ketut Widarsana saat ditemui, Sabtu (29/12/2018) mengakui jumlah pengunjung masa libur sekolah seperti sekarang meningkat sangat signifikan. “Bisa dua kali lipat dari hari-hari biasa dan hari libur Sabtu dan Minggu dalam keadaan normal,” tutur Ketut.

Dikatakannya dalam keadaan normal jumlah pengunjung pada hari-hari biasa dari Senin hingga Jumat di bawah lima ribu orang. Sedangkan pada hari liburnya yaitu Sabtu bisa mencapai 15 ribuan dan pada hari Minggu mencapai 40 ribuan.

Dia pun mengungkapkan jumlah pengunjung Kebun Binatang dari awal libur tanggal 22 Desember hingga 29 Desember 2018 sudah mencapai 340 ribuan lebih. Diprediksi jumlah pengujung hingga 1 Januari 2019 lebih kurang 560 ribuan atau meningkat dibanding tahun lalu sebanyak 440 ribuan.

Meningkatnya jumlah pengunjung dicontohkannya pada tanggal 25 Desember 2018 atau tepat pada hari Natal sebanyak 89.800 orang. “Untuk tahun baru kita prediksi sekitar 180 ribu orang.”

Disebutkan Widarsana untuk harga tiket masuk tidak naik dari hari-hari biasa maupun hari libur Sabtu dan Minggu dalam keadaan normal. Harga tiket untuk dewasa Rp4.000 dan anak-anak Rp3.000 dan semua pembayaran non tunai atau pakai Jakcard dari Bank DKI.

Kepala Satuan Pelaksana Promosi dan Pengembangan Usaha Taman Margasatwa Ragunan (TMR) I Ketut Widarsana

Terkait pelayanan pada hari libur sekolah, Natal dan jelang Tahun Baru diakuinya lebih ekstra menyusul melonjaknya jumlah pengunjung. Kalau hari-hari biasa bisa dilayani 250 personil, kini dua kali lipat 540 orang. “Apalagi tahun baru bisa membludak,” ucapnya.

Dikatakannya dengan umlah personil sekitar 700 orang dengan berbagai macam tugas tentu tidak cukup, khususnya dalam menghadapi lonjakan pengunjung. Karena itu pihaknya menambah personil diambil dari mahasiswa yang bertugas insidentil untuk bagian tiketing.

Dikatakannya untuk Posko Kesehatan pihaknya dibantu PMI dan untuk tanggal 1 Januari akan dibantu empat unit mobil ambulance dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta dengan petugas medis perawat dan dokter. “Jadi kalau pengunjung ada apa-apa dengan kondisi kesehatannya bisa terlayani,” tutur Widarsana.

Sementara itu sejumlah orang tua dan pengunjung mengakui dalam masa libur sekolah sengaja mengajak putra-putrinya atau sanak famili berwisata ke Kebun Binatang Ragunan karena biayanya tergolong terjangkau

“Disini kan bisa murah meriah. Harga tiketnya pun terjangkau. Kalau anak-anak yang penting mereka senang bisa jalan-jalan. Selain juga bisa menambah pengetahuan mereka terhadap binatang-binatang yang mereka lihat di Kebun Binatang Ragunan,” kata Ny Wawat warga Semanan, Jakarta Barat yang datang rombongan bersama kakak perempuan dan sanak familiknya. (MJ Riyadi)