Kejati Kepri Edy Birton.(ist)

Kajati Kepri Minta Jaga Suasana Kondusif

JAKARTA (IndependensI.com)-  Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau Edy Birton meminta seluruh elemen masyarakat termasuk media atau pers dapat menjaga suasana agar tetap kondusif di tahun politik 2019 seiring dengan akan dilaksanakannya secara serentak pemilihan legislatif dan pemilihan presiden.

Edy  kepada wartawan di Kejati Kepri, Rabu (23/1/2019) mengatakan kalau peran media sangatlah penting untuk dapat meredam ataupun mencegah hal-hal yang berpotensi memecah belah bangsa dalam pemberitaannya.

“Ya kalau ada hal-hal berpotensi dapat memecah belah jangan ditampilkan dan dipanas-dipanasi. Karena berita-berita kadang menjadi pemicu. Lebih baik diredam agar suasana menjadi baik dan tetap kondusif,” ucapnya seusai melantik Wakil Jaksa Tinggi Yendi Kusyendi dan Aspidsus Kepri Tety Syam.

Dia pun menegaskan di tahun politik ini jajaran kejaksaan selaku aparat sipil negara atau ASN bersikap netral. Sementara terkait persoalan dinamika hukum dalam pemilu, tuturnya, akan diproses melalui Gakumdu atau penegakan hukum terpadu, dimana salah satu unsur atau anggotanya adalah kejaksaan.

Terkait pemberantasan korupsi, Edy Birton mengatakan pihaknya tidak memiliki target. Dia bahkan menyatakan akan lebih mengedepankan upaya preventif atau pencegahan korupsi daripada refresif atau penindakan.

Hal tersebut akan dilakukan melalui TP4D atau Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah dengan melakukan pengawalan dan pengamanan terhadap proyek-proyek pemda.

“Kecuali jika sudah dilakukan upaya preventif masih didapati adanya penyimpangan-penyimpangan dan ada kerugian negaranya tentu akan kita tindaklanjuti,” tutur mantan Kajari Pekanbaru ini.

Dikatakannya juga terhadap perkara-perkara lama korupsi yang masih belum diselesaikan atau menjadi tunggakan akan dipelajari. “Kita akan kita pelajari kendalanya apa, hambatannya apa, serta kekurangannya apa. Semua akan jadi atensi kita.”

Sementara kepada pejabat yang baru dilantik dia menekankan agar dapat mengerjakan perannya secara optimal dan penuh rasa tanggungjawab dalam menunjang keberhasilan penegakan hukum, khususnya di wilayah Kepri.(MJ Riyadi)