Sutradara film Nia Dinata (kiri) bersama pemenang Viu Pitching Forum 2018, Reka Wijaya (tengah) mendengarkan keterangan Senior Vice President Marketing Viu Indonesia, Myra Suraryo dalam acara jumpa pers di Jakarta, Kamis (24/1/2019).  (Istimewa)

“Viu Pitching Forum 2019” Mulai Digelar

JAKARTA (IndependensI.com) – Viu Indonesia bekerjasama dengan para sutradara dan produser menggelar “Viu Pitching Forum 2019” untuk mencari dan mendapatkan sineas muda masa depan. Adapun acara tahunan ini didedikasikan untuk memfasilitasi dan mengembangkan ide-ide cerita yang dimiliki para sineas Indonesia untuk menjadi Viu Originals.

Kemudian, melalui bimbingan dan kesempatan bagi para talenta Indonesia untuk memamerkan hasil karya mereka di panggung global. Upaya ini menunjukan komitmen Viu bagi Indonesia dalam membangun sebuah ekosistem yang dapat memberdayakan industri konten Indonesia sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

“Ini kesempatan generasi muda menuangkan ide yang nantinya akan ditayangkan di VIU. Tidak hanya di Tanah Air, tetapi ke seluruh dunia, karena VIU ini sudah dikenal di 16 negara. Nanti kita bawa ke festival internasional,” ungkap Myra Suraryo selaku Senior Vice President Marketing Viu Indonesia melalui rilisnya, Jumat (25/1/2019). Viu Pitching Forum sebelumnya telah menghasilkan karya serial original Halustik (tayang di Viu sejak September lalu) dan pada tanggal 12 Desember 2018 lalu, Viu meluncurkan serial Original “Knock Out Girl” karya Reka Wijaya.

Film bertemakan drama aksi romantis tentang perjuang seorang putri tunggal pemilik sasana tinju yang berupaya menyelamatkan bisnis keluarga dari kebangkrutan. Film ini diperankan bintang-bintang papan atas Indonesia seperti Pamela Bowie, Kevin Julio, Giorgino Abraham, Vincent Tio, Windy Apsari, Donny Damara, Zack Lee, Roy Marten, Teno Ali, dan Niniek L. Karim.

Dialog Film 

Viu Pitching Forum 2019 akan melakukan kegiatan roadshow Dialog Film bersama Nia Dinata (Sutradara dan Produser) dan tim Viu di sepuluh kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Tangerang, Bandung, Padang, Yogyakarta, Medan, Balikpapan, Surabaya, Bali dan Manado. Selain itu akan dilanjutkan dengan memberikan kesempatan selama lebih dari satu bulan bagi sineas Indonesia untuk mengajukan ide ceritanya ke Viu Pitching Forum ini mulai 20 Januari hingga 28 Februari 2019.

Selanjutnya Viu akan memilih 10 finalis yang akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti workshop selama enam hari, dan akan mendapatkan bimbingan intensif dari para sineas-sineas profesional Indonesia seperti Sammaria Simanjuntak (Sutradara dan Produser), Andri Cung (Sutradara dan Penulis Naskah), Pritagita Arianegara (Sutradara) dan Aline Jusria (editor).

Pada akhir masa workshop tersebut, para finalis akan melakukan pitching/presentasi ide cerita mereka di depan para juri yang terdiri dari Myra Suraryo (Viu Senior Vice President Marketing Indonesia) dan Aileen Leong (Viu Head of Content Indonesia), Nia Dinata (Sutradara dan Produser), Lucky Kuswandi (Sutradara & Penulis Naskah), Melissa Karim (Produser & Penulis Naskah), dan juri dari Institut Kesenian Jakarta.