Bakal Ada Investor Bangun Pabrik Baterai Lithium Rp 56 Triliun di Morowali

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Indonesia bakal kedatangan investasi pabrik baterai lithium di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park di Sulawesi Tengah.

Luhut menjelaskan, investor yang bakal menanamkan modalnya itu berasal dari kongsi beberapa perusahaan. Total komitmen investasinya US$ 4 miliar atau setara Rp 56 triliun (US$ 14.000).

“Ya CATL kongsian dengan LG, Volkswagen (VW), Mercedes, macam-macam itu. Dia mau semua sampai US$ 4 miliar,” kata Luhut di Kompleks Istana, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Dari total komitmen tersebut, Luhut mengatakan, sudah ada US$ 1 miliar yang akan direalisasikan. Ketertarikan banyak perusahaan bergabung dalam membangun pabrik bahan baku baterai lithium karena Indonesia memiliki potensi besar. Apalagi, dalam waktu dekat aturan kendaraan listrik akan diterbitkan.

“Walaupun mungkin porsinya sedikit-sedikit, tapi mereka masuk karena mereka melihat bahan baterai itu banyak di Indonesia,” ujarnya. (dan)