Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Riau menyalurkan bantyuan bagi masyarakat korban virus corona di Pekanbaru, Riau, Minggu (5/4/2020).

Paguyuban Tionghoa Riau Gandeng LAM Riau Berikan Sembako

PEKANBARU (Independensi.com) – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Riau bekerjasama dengan Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau menyalurkan sembagi bagi masyarakat yang terdampak virus corona.

Selain dengan LAM, PSMTI juga gandeng berbagai organisasi kemasyarakatan Tionghoa  seperti Lembaga Keagamaan Marga Tionghoa di Provinsi Riau yang bergabung dalam Tionghoa Peduli Penanggulangan Covid-19, menyalurkan bantuan tahap awal yaitu 50 paket sembako.

Bantuan tersebut diserahkan kepada masyarakat terdampak corona virus di Balai Adat Melayu Riau, Jl Diponegoro – Pekanbaru, Minggu (5/4/2020) siang.

Adapun paket bantuan yang diberikan terdiri dari beras, minyak goreng dan mie instan itu, diberikan kepada para pengemudi ojek on line, pedagang asongan, pekerja harian lepas dan lain sebagainya yang telah di rekomendasi Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau.

Penyerahan bantuan ini merupakan wujud peduli kemanusiaan dari berbagai komponen Tionghoa, kata Stephen Sanjaya yang merupakan Penanggungjawab Tionghoa Peduli Covid-19 didampingi Datuk Seri Syahril Abubakar Ketua DPH LAM Riau, Datuk Seri H Al Azhar Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau.

Pada kesempatan itu Stephen Sanjaya juga menyampaikan bahwa Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Riau bersama berbagai komponen masyarakat Tionghoa lain yang bersatu dalam Tionghoa Peduli Penanggulangan covid-19.

Adapun jenis bantuan yang disalurkan yakni ratusan unit alat penyemprot disinfektan, cairan disinfektan, berbagai alat pelindung diri (APD), multivitamin, tangki air cuci tangan melalui pemerintah, beberapa instansi, organisasi kemasyarakatan, dan komunitas warga, guna mencegah penyebaran Covid-19.

Adanya kepedulian serta inisiatif dari PSMTI Riau bersama berbagai komponen lain dari Tionghoa ini, disambut baik Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau.

“Kita patut salut dan berterimakasih atas peran dari para tokoh Tionghoa dalam upaya mencegah dampak penyebaran Covid-19. Terima kasih atas dukungan kawan-kawan dari PSMTI Riau dan komunitas Tionghoa lainnya,” ujar Datuk Seri H Al Azhar Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau.

Jika melihat keadaan sekarang ini, Al Azhar berharap, agar pemerintah dan masyarakat yang rejekinya berlebih, dapat menolong masyarakat yang kekurangan akibat dampak Covid-19.

Pada kesempatan bakti sosial itu nampak turut hadir Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (Ketum DPH) Lembaga Adat Melayu Riau Datuk Seri Syahril Abubakar dan jajarannya, Ketua Dewan Pembina PSMTI Provinsi Riau Peng Suyoto, para pengurus PSMTI Riau Jailani Tan, Toni Sasanasurya, Sudirman, dan Ketua Walubi Riau Kong On.
(Maurit Simanungkalit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *