Kantor Pemerintahan Kota Bekasi, Jawa Barat. (ist)

Pemkot Bekasi Raih Penghargaan Atas Inovasi Pelayanan Masyarakat

Loading

BEKASI (IndependensI.com)-  Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyabet dua penghargaan atas inovasi meningkatkan pelayanan pada ajang Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB) 2021 yang diselenggarakan di Bandung, belum lama ini.

Penghargaan diberikan atas inovasi Pemkot Bekasi terutama dalam pelayanan administrasi kependudukan melalui Halo Pamor dan pelayanan kesehatan di RSUD dr Chasbullah Abdulmadjid melalui aplikasi Siberojol (sistem berobat rawat jalan online).

Penghargaan KIJB diberikan  Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum kepada Direktur RSUD dr Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dr Kusnanto Saidi, dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi Taufiq R Hidayat.

Diharapkan dengan raihan penghargaan tersebut dapat mendorong kepala perangkat daerah untuk melahirkan dan menerapkan inovasi-inovasi baru dalam pelayanan kepada masyarakat.

Ia berharap inovasi yang ada di pemerintah daerah tersebut dapat mempercepat terwujudnya “Jabar Juara”..Disebukan Halo Pamor dapat diakses di dalam aplikasi e-Open. Selain itu, untuk membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam penguasaan teknologi sehingga kesulitan dalam pengajuan administrasi kependudukan secara online, Halo Pamor juga dapat diakses secara offline dengan menghubungi Satuan Tugas Pemantauan dan Monitoring (Satgas Pamor) RW dan Kelurahan.

Pelayanan Halo Pamor terdiri dari pelayanan pembuatan KTP elektronik, Kartu Keluarga (KK), KIA, akta lahir, akta kematian, surat keterangan pindah warga negara Indonesia (SKPWNI), surat keterangan datang warga negara Indonesia (SKDWNI) dan lain-lain dengan waktu penyelesaian terukur sesuai standar pelayanan yaitu tiga hari.

Sementara, aplikasi Siberojol adalah aplikasi pendaftaran online RSUD dr Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi. Di dalamnya terdapat beberapa fitur yaitu jadwal dokter hingga lacak Sitaro yang merupakan aplikasi pelacakan pengiriman obat ke rumah pasien

Aplikasi Siberojol efektif bagi masyarakat yang berobat jalan di RSUD karena mulai pendaftaran sampai dengan mendapatkan obat bisa dilakukan melalui aplikasi Siberojol. Pasien dapat mendaftar dari rumah H-1 dengan menggunakan gawai di laman website www.daftar.rsudcam.id. (adv/humas/jon)