seminar nasional “Mewujudkan Kemerdekaan Belajar Melalui Kurikulum Merdeka” di Rote Ndao, Sabtu (12/11/2022).

YPA-MDR Gelar Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema “Mewujudkan Kemerdekaan Belajar Melalui Kurikulum Merdeka”

ROTE NDAO (Independensi com) – Mendukung penerapan Kurikulum Merdeka, PT. Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menggelar seminar nasional pendidikan dengan tema “Mewujudkan Kemerdekaan Belajar Melalui Kurikulum Merdeka” di Rote Ndao, Sabtu (12/11/2022).

Turut hadir Bupati Kabupaten Rote Ndao, Paulina Haning Bullu S.E memberikan apresiasi kepada guru-guru yang memili semangat berkarya dan berinovasi. Acara yang dihadiri oleh lebih dari 500 peserta ini menghadirkan narasumber ahli yaitu Pengembang Kurikulum Ahli Madya Kemdikbudristek RI, Dr. Baharudin, M.Pd , Dosen Senior UNWIRA Drs. Alfons Bunga Naen, M.Pd dan Wakil Dekan Fakultas MIPA UKSW, Assoc. Prof. Dr. Wahyu Hari Kristiyanto, M.Pd. Selain itu 16 guru binaan dari berbagai wilayah akan melakukan deseminasi karya inovasi pembelajaran yang telah berprestasi diajang Lomba Inovasi Karya (LINKAR) dan Pekan Inovasi Guru (PIGUR) beberapa waktu lalu.

“Sebagai upaya untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, YPA-MDR telah dan akan terus bekerjasama dengan berbagai universitas untuk menjadi narasumber dalam melakukan program pembinaan dan pelatihan di sekolah-sekolah,” ujar Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo, Sabtu (12/11/2022).

Adapun pelatihan yang diberikan kepada sekolah-sekolah binaan yakni, Pelatihan intensif Implementasi kurikulum merdeka (IKM), pelatihan intensif Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) atau asesmen nasional. Kemudian, pelatihan intensif literasi guru, pelatihan intensif numerasi melalui program CerMat (Cerdas Matematika), dan pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) dan inovasi pembelajaran.

Pada kegiatan ini juga , terdapat Expo Pendidikan yang memamerkan karya inovasi guru dan siswa binaan seperti aplikasi pembelajaran, media ajar dan produk kearifan lokal.

Melalui seminar nasional ini, YPA-MDR berharap guru mendapatkan pemahaman mendalam mengenai konsep, pengertian, struktur dan teknis implementasi Kurikulum Merdeka Belajar sesuai standar pemerintah serta mendapatkan inspirasi dalam memulai ataupun melanjutkan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah.

Untuk diketahui, Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) yang berdiri sejak tahun 2009 adalah yayasan yang secara khusus didirikan dan dimiliki oleh PT Astra International Tbk sebagai pelaksana kontribusi sosial berkelanjutan bidang pendidikan dengan membina sasaran sekolah-sekolah di daerah tertinggal di Indonesia dan menjadi wujud dari pilar Astra untuk Indonesia Cerdas.

Visi, misi dan goal YPA-MDR adalah menjadi lembaga yang mewujudkan Sekolah Unggul di daerah prasejahtera dan yang mampu mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas sebagai agent of change menuju masyarakat sejahtera. Pola pembinaan yang dilakukan berdasarkan 4 Pilar, yang meliputi Pilar Akademis, Pilar Karakter, Pilar Kecakapan Hidup dan Pilar Seni Budaya. Selain itu, YPA-MDR juga memberikan bantuan berupa sarana prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah ditetapkan oleh pemerintah.