Kejagung Siapkan Jaksa Terbaik untuk Duduki Posisi Deputi Penindakan-Eksekusi KPK

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Kejaksaan Agung kini sedang menyiapkan sejumlah jaksa terbaiknya untuk menduduki posisi atau jabatan sebagai Deputi Penindakan dan Eksekusi pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Jabatan tersebut sementara ini dirangkap Direktur Penyidikan KPK sebagai Pelaksana Tugas (Plt) setelah pejabat lama yaitu Irjen Pol Karyoto ditarik Mabes Polri dan telah dilantik menjadi Kapolda Metro Jaya pada Jumat (31/3/2023) pekan lalu.

Menurut Kapuspenkum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana, Senin (3/4/2023) para jaksa yang disiapkan untuk menduduki jabatan Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK adalah merupakan jaksa-jaksa terbaik.

“Merekapun sudah memiliki pengalaman yang bagus, baik di Kejaksaan maupun KPK,” kata Ketut seraya menyebutkan dengan menempatkan jaksa di jabatan tersebut sehingga ke depannya ada keseimbangan komposisi jabatan yang dapat mendukung fungsi penindakan di KPK.

Selain itu, tuturnya, kejaksaan menginginkan KPK juga dapat menjadi pendorong bagi penegak hukum lainnya dalam mengungkap kasus-kasus korupsi besar sebagaimana harapan dari masyarakat dan Ketua Dewas KPK.

Seperti diketahui Direktur Penyidikan KPK Brigjen Pol Asep Guntur Rahayu kini merangkap sebagai Plt Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK sepeninggal pejabat lama Irjen Pol Karyoto kini menjadi Kapolda Metro Metro.

Adapun sejak KPK dibentuk pada 29 Desember tahun 2003 atau 20 tahun lalu untuk posisi atau jabatan Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK seluruhnya berasal dari unsur kepolisian.(muj)