Gus Falah Dukung PGN Kembangkan Jargas Untuk IKN

Loading

Jakarta- Anggota Komisi VII DPR RI Nasyirul Falah Amru (Gus Falah) mendukung PT PGN Tbk mengembangkan program jaringan gas (jargas) rumah tangga guna memenuhi kebutuhan energi bersih di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Gus Falah menyatakan gas bumi adalah energi fosil terbersih yang dapat digunakan selama transisi energi.

“Sebagai penghasil emisi CO2 paling rendah, gas bumi bisa diandalkan memenuhi kebutuhan energi IKN sambil kita berjuang mencapai nol emisi karbon di 2060,” kata Gus Falah dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/1/2024).

Politisi PDI Perjuangan itu melanjutkan, infrastruktur gas memadai milik PGN di wilayah Kalimantan Timur seperti Pipa Transmisi Senipah-Balikpapan, dan Pipa Transmisi Tanjung Santan-KM53-SKG Bontang bisa menyokong upaya PGN membangun jargas bagi IKN.

Hal ini penting, sambung Gus Falah, karena IKN juga merepresentasikan era baru bagi Indonesia dalam penggunaan energi.

“Jangan lupa, kebijakan pemenuhan energi IKN yang dicanangkan dalam UU No 3/2022 mengamanatkan campuran gas alam dengan hidrogen sebagai sumber gas kota,” ungkap Gus Falah.

Pembangunan jargas di IKN direncanakan dibangun secara bertahap. Selain rumah dinas pemerintahan, jaringan distribusi gas juga ditujukan untuk komersial, gedung pemerintahan, dan fasilitas lainnya.

Nantinya, pipa distribusi gas bumi ditempatkan jaringan umum atau multi utility tunnel (MUT) yang akan dibangun Kementerian PUPR. Gas bumi akan disuplai dengan compressed natural gas (CNG) yang bersumber dari Balikpapan atau Bontang di Kalimantan Timur.