George A Romero

“Bapak Zombie” Tutup Usia

TORONTO (IndependensI.com) – Sutradara Amerika Serikat, George A Romero, meninggal di usia 77 tahun di Toronto, Kanada, Minggu (16/7/2017). Romero dikenal sebagai “Bapak Zombie” berkat film “Night of the Living Dead” yang dibuatnya pada 1968.

Manajernya, Chris Roe, mengatakan Romero berpulang selagi mendengarkan lagu dari film “The Quiet Man”, yang merupakan salah satu film favoritnya.

“Dia meninggal dengan tenang saat tertidur setelah berjuang melawan kanker paru-paru. Dia meninggalkan keluarga terkasih, sahabat, dan warisan film yang tak akan lekang dimakan zaman,” kata Roe seperti dikutip AFP, Senin (17/7/2017).

“Night of the Living Dead” direkam dalam gambar hitam-putih dengan biaya pembuatan sekitar US$100.000. Film yang mengisahkan sekelompok orang berusaha mempertahankan nyawanya melawan mayat hidup itu dibintangi Duane Jones.

Sejumlah pengamat film berpendapat karya Romero itu adalah kritik terhadap pemerintah Amerika Serikat atas keterlibatan negara itu dalam perang Vietnam.

Film tersebut meraup pendapatan lebih dari US$30 juta di seluruh dunia. Keberhasilan tersebut mendorong pembuatan lima sekuelnya antara lain “Dawn of the Dead” dan “Day of the Dead”. Film ini juga menginspirasi pembuatan film lain yang mengangkat tema mayat hidup. Romero sendiri mengaku terpengaruh dari novel karya Richard Matheson berjudul “I Am Legend” yang diterbitkan pada 1954.

“Night of the Living Dead” dimasukkan ke dalam koleksi Perpustakaan Kongres AS pada 1999. Film tersebut dinilai layak diabadikan karena memiliki nilai “budaya, sejarah, dan estitika yang signifikan”.

Karya Romero lain yang menonjol adalah “Knightriders”. Film produksi 1981 yang menceritakan tentang

Other notable works include 1981’s “Knightriders”, about a traveling medieval reenactment troupe that jousts on motorcycles, and 1982’s horror anthology “Creepshow” written by author Stephen King.