Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin meresmikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) kapasitas 500 liter perdetik hasil kerjasama PDAM Tirta Bhagasi dengan PT Moya Bekasi Jaya.(foto:jonder sihotang) Independensi.com

Bupati Bekasi Resmikan IPA Kapasitas 500 Liter Perdetik Hasil Kerja Sama Swasta

BEKASI (IndependensI.com) – Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin, Rabu (26/7/2017) resmikan pengoperasian instalasi pengolahan air (IPA) berkapasitas 500 liter per detik. IPA tersebut merupakan hasil kerja sama antara PDAM Tirta Bhagasasi dengan badan usaha swasta PT Moya Bekasi Jaya.

Pembangunan IPA tersebut merupakan realisasi tahap kedua, setelah sebelumnya sudah dilakukan pengoperasian IPA 200 liter perdetik, sejak kerjasama dilakukan tahun 2012. Saat ini, IPA yang berlokasi di Kampung Tegal Gede Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi ini, sudah memproduksi air 1.375 liter per detik, karena sebelum kerja sama dilakukan, PDAM Tirta Bhagasasi sudah mempunyai IPA kapasitas 675 liter perdetik.

Bupati Bekasi berharap kerja sama antara PDAM dengan badan usaha swasta dapat ditingkatkan guna memperluas cakupan pelayanan kepada masyarakat mengingat penyertaan modal dari APBD Pemkab Bekasi sangat terbatas.

Dirut PDAM Tirta Bhagasasi Usep Rahman Salim menerangkan, IPA yang berlokasi di Kampung Tegal Gede, Kecamatan Cikarang Selatan itu, diharapkan mampu melayani sekitar 40.000 sambungan langsung di wilayah Cikarang Selatan.

Selama ini, untuk memproduksi air bersih melalui pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM), PDAM Tirta Bhagasaai telah membangun Instalasi Pengolahan Air (Minum) atau Water Treatment Plant (WTP), dan jaringan perpiaan untuk distribusi kepada masyarakat pelanggan.

Saat ini, PDAM Tirta Bhagasasi telah melayani 12 cabang dan 10 kantor cabang pembantu (KCP) di wilayah Kabupaten dan Kota Bekasi. Dari 12 cabang, enam berlokasi di wilayah Kabupaten Bekasi dengan tujuh KCP. Sedang di Kota Bekasi dilayani lima kantor cabang dan tiga KCP.

Untuk memproduksi air bersih, PDAM ini sejak berdiri 1981 hingga Juni 2017, telah memiliki 16 IPA dengan kapasitas produksi 3.835 l/dtk. Sedang jumlah pelanggan saat ini tercatat 221.952 sambungan langganan (SL).

Mengingat permintaan akan air bersih terus meningkat, seiring dengan laju pertumbuhan penduduk (LPP) empat persen per tahun di Bekasi, PDAM Tirta Bhagasasi melakukan kerja sama dengan pihak pengusaha swasta.Tujuannya guna meningkatkan cakupan pelayanan air bersih kepada masyarakat yang sangat membutuhkan air bersih.

Salah satu hasil kerja sama itu, dengan pengusaha swasta yakni PT Moya Indonesia yang hingga saat ini telah membangun IPA dan memproduksi air bersih 1.375 liter perdetik. Pembangunan dilakukan secara bertahap.

Dengan diresmikannya IPA kapasitas produksi 500 liter perdetik ini, diperuntukkan untuk meningkatkan cakupan pelayanan di wilayah Cikarang Selatan dan Cibarusah. Ditargerkan, IPA yang berlokasi di Tegal Gede Cikarang dengan produksi 1.375 liter perdetik, akan mempu melayani sedikitnya 97.500 sambungan langganan. (jonder sihotang)