Pemuda Muhamadiyah Gresik, Gelar upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke 72. Diarea cagar budaya, Situs Giri Kedaton di Desa Sidomukti, Kebomas, Gresik.

Pemuda Muhamadiyah Gresik Peringati Hari Kemerdekaan RI di Situs Giri Kedaton

GRESIK (IndependensI.com) – Dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, Pemuda Muhamadiyah Kabupaten Gresik Jawa Timur. Mengelar upacara pengibaran bendera merah putih, disitus Giri Kedaton (Bangunan bekas Kerajaan Sunan Giri – red) yang terletak diatas Bukit Desa Sidomukti, Kecamatan Kebomas.

Ketua Pemuda Muhamadiyah Kabupaten Gresik, Ainul Mutaqien mengatakana dipilih situs Giri Kedaton, sebagai tempat peringatan kemerdekaan bangsa Indonesia. Sebab, situs tersebut memiliki nilai sejarah dan agar keberadaannya bisa tetap terjaga dan diketahui oleh generasi muda bangsa khususnya masyarakat di Gresik.

“Upacara dan pengibaran bendera merah putih dalam merayakan kemerdekaan Indonesia selalu kami gelar. Untuk tahun ini, sengaja kami selenggarakan di situs Giri Kedaton agar kami bisa menjaga sejarah serta warisan budaya bangsa,” ujarnya, Kamis (17/8).

“Giri Kedaton merupakan warisan budaya dan simbol kejayaan Gresik tempo dulu. Selain sebagai pusat pemerintahan, Giri Kedaton merupakan pusat pengembangan dakwa agama Islam pada masa itu,” tuturnya.

Ainul menambahkan, dengan digelarnya peringatan kemerdekaan disini. Juga kami sesuaikan dengan tema peringatan kemerdekaan RI yang kami usung. Yaitu menjaga cagar budaya yang ada diwilayah Gresik. Sebab, di Gresik banyak sekali situs-situs peninggalan jaman kerajaan sudah semestinya kita perhatikan.

“Dan sebagai wujud syukur yang kongkrit dari kami Pemuda Muhamadiyah, dalam mengisi kemerdekaan Indonesia. Salah satunya, dengan cara menghargai, mencintai dan menjaga serta memperkenalan warisan budaya yang ada ini,” pungkasnya. (Rezereno)

 

 

 

One comment

Comments are closed.