Gelandang Spanyol, Isco (kiri), berebut bola dengan pemain Italia, Marco Verratti, pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Minggu (3/9/2017) dini hari WIB. (AFP)

Hantam Italia, Spanyol Semakin Dekat ke Rusia

JAKARTA (IndependensI.com) – Spanyol mengalahkan Italia 3-0 pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Santiago Bernebau, Madrid, Minggu (3/9/2017) dini hari WIB. Kemenangan telak itu membuat “La Roja” semakin dekat ke putaran final di Rusia.

Isco menjadi bintang lapangan dengan mengemas dua gol. Setelah melewati awal yang sulit di Real Madrid pada 2013, Isco bersinar di bawah asuhan Zinedine Zidane dan ikut meningkatkan kinerja “El Real”.

Tendangan bebas terukurnya mengawali keunggulan Spanyol di menit 13. Dia menggandakan keunggulan tim tuan rumah dengan tendangan kaki kiri sekitar lima menit sebelum istirahat. Satu gol lagi dihasilkan Alvaro Morata di menit 77.

Pelatih Spanyol memuji penampilan cemerlang Isco. “Bermain secara reguler, mengumpulkan pengalaman bermain bersama klub dan kami membuktikan bahwa sebagai seorang pemain sepakbola dia terus berkembang,” kata Lopetegui seperti dikutip kantor berita AFP.

“Hari ini kami memperlihatkan dua hal penting yaitu semakin dekat lolos (ke Piala Dunia 2018) dan tampilnya seorang pemain hebat. Isco sejak dulu adalah pemain berkualitas. Sekarang dia menjadi pemain hebat,” ujarnya.

Hasil ini menempatkan Spanyol sendirian di klasemen sementara Grup G dengan 19 poin, unggul tiga angka atas Italia. Di atas kertas, Spanyol bakal melenggang ke Rusia 2018 karena tinggal menghadapi lawan yang lebih lemah yaitu Liechtenstein, Makedonia, dan Israel.

“Kami gembira tapi belum puas karena kami belum lolos. Kami gembira karena tim ini bermain luar biasa menghadapi lawan yang berat. Saya senang dengan penampilan pemain secara fisik dan mental, juga dengan komitmen mereka untuk membentuk tim yang hebat,” kata Lopetegui.