Joseph Parker

Ungguli Fury, Parker Pertahankan Sabuk Juara

JAKARTA (IndependensI.com) – Joseph Parker menang angka atas Hughie Fury pada pertarungan kelas berat World Boxing Organisation (WBO) di Manchester Arena, Manchester, Inggris, Minggu (24/9/2017) pagi WIB.

Berkat kemenangan itu, Parker mempertahankan sabuk juara dunia. Sebelum juri mengumumkan niainya, petinju asal Selandia Baru itu tampak tidak yakin. Dia baru lega setelah dua juri memberikan nilai serupa yaitu 118-110 dan satu juri lagi memberikan nilai imbang 114-114 untuk pertarungan 10 ronde itu.

Buat Fury, kekalahan ini adalah yang pertama dialaminya di level profesional dalam 21 pertarungan. Parker kini sudah dua kali mempertahankan gelar juara dunia dan memperbaiki rekornya menjadi 24 kali menang termasuk dengan 18 KO.

“Saya sudah merasa bisa memenangi pertarungan meski dia juga memberi perlawanan sengit,” kata Parker.

“Saya tampil cukup agresif dan dia juga punya gerakan yang bagus. Tapi beberapa kali saya bisa menyarangkan pukulan keras,” ujarnya.

Hughie Fury

Fury tampil cukup gesit pada perburuan gelar juara dunia pertamanya. Dia memperlihatkan gerakan kaki yang lincah sambil beberapa kali melepas pukulan jab yang membuat Parker tampak frustrasi.

“Saya tidak tahu apa yang terjadi dengan para juri,” kata Fury.

Duel Parker-Fury ini adalah pertarungan tinju pertama di Manchester Arena setelah serangan teror yang menewaskan 22 orang saat konser pop Mei 2016. Tempat itu dubuka kembali awal September dan Fury tadinya ingin mempersembahkan kemenangan untuk para korban.

Hughie Fury adalah keponakan Tyson Fury, petinju yang meraih gelar juara dunia kelas berat WBO, WBA, dan IBF dengan mengalahkan Wladimir Klitschko di Jerman pada November 2015. Tyson, yang sejak itu belum bertarung lagi dan tidak lagi memegang sabuk juara, ikut menyaksikan pertarungan ini.