Gubri Buka Mubes V Ikatan Keluarga Batak Riau

PEKANBARU  (IndependensI.com)Gubernur Riau di wakili Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau Rasidin Siregar, secara resmi membuka Musyawarah Besar (Mubes) V Ikatan Keluarga Batak Riau (IKBR), Sabtu (14/10/2017) di Hotel Grand Suka, Pekanbaru.
 
Mubes dihadiri 11 perwakilan IKBR dari Kabupaten/Kota antara lain Dumai, Pekanbaru, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Indragiri Hulu, Kuansing, Kampar, Bengkalis dan Siak, digelar untuk mengganti pengurus periode sebelumnya.
 
Gubernur Riau dalam sambutannya diwakili Rasidin Siregar mengatakan, agar seluruh peserta Mubes dari perwakilan paguyuban IKBR yang datang dari seluruh Kabupaten / Kota di Riau, semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan, serta mendukung pelaksanaan pembangunan di Riau.
 
Sebagaimana diketahui kata Rasidin Siregar, IKBR yang terdiri dari lima etnis yaitu Karo, Simalungun, Pakpak Dairi, Toba dan Angkola agar lebih  mempererat serta meningkatkan persatuan satu sama lain, katanya.
 
Disela-sela pelaksanaan Mubes, Fajar Menanti Simanjuntak Ketua Panitia Mubes kepada Independensi.Com mengatakan, pihaknya sangat berharap usai pelaksanaan Mubes IKBR V ini, pengurus yang terpilih bisa mempersatukan seluruh elemen orang Batak yang ada di Provinsi Riau.
Hofman Haloho dan Jhon Armen Pinem
 
Saat ditanya siapa figur yang mampu mempersatukan orang Batak dimana organisasinya saat ini terbagi dua, dengan sangat hati-hati Fajar Simanjuntak mengatakan, pihak yang netral hanyalah Tumpal Hutabarat. “Saya yakin Tumpal Hutabarat jika terpilih kembali, bersedia melaksanakan rekonsiliasi dengan IKBR yang saat ini dipimpin Hofman Haloho”, kata Fajar
 
Sementara Tumpal Hutabarat SE MM usai terpilih sebagai ketua Formatur bersama Japet Ginting saat dimintai IndependensI.Com tanggapannya, belum bersedia memberikan penjelasan. “Sabar dulu lae ya”, ujar Tumpal singkat
 
Ditempat terpisah, Ketua PKBR Hofman Haloho didampingi Sekjen Dr Jhon Armedi Pinem ST MT menjawab  IndependensI.com menyambut baik jika pihak IKBR yang saat ini dipimpin Tumpal Hutabarat bersedia melaksanakan rekonsiliasi.
 
“Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Kita hidup dirantau, hendaknya lebih menjalin rasa persatuan dan kesatuan. Kalau IKBR dapat kembali bersatu, sangat baik dan itu yang kita harapkan”, kata Hofman Haloho yang juga dibenarkan Dr Jhon Armedi Pinem ST MT.
 
Menurut Hofman, pihaknya juga sudah berusaha menjalin komunikasi dengan Tumpal Hutabarat yang bertujuan agar rekonsiliasi dapat terlaksana. Bahkan kita juga diundang untuk menghadiri Mubes V IKBR yang digelar di Hotel Grand Suka. Namun karena sesuatu dan lain hal, kita belum bisa hadir di acara itu, ujarnya.
 
Mubes V IKBR tersebut jugga dihadiri Zainal Izhar pengurus Lembaga Adat Melayu Riau, Ketua Ikatan Keluarga Jawa Riau Sukiman yang juga Wakil Bupati Rokan  Hulu, Ikatan Keluarga Sumatera Barat, Nehri Mangkoto Ameh dan Yoyok Wardoyo tokoh masyarakat Jawa di Pekanbaru. (Maurit Simanungkalit)