Pemain depan Manchester United, Marcus Rashford (kiri), berebut bola dengan pemain Huddersfield Town, Aaron Mooy, pada pertandingan Liga Inggris di Stadion John Smith, Huddersfield, Sabtu (21/10/2017). (AFP)

MU Kalah, Mou Marah

JAKARTA (IndependensI.com) – Pelatih Manchester United, Jose Mourinho, memarahi pemainnya setelah kekalahan dalam laga tandang melawan Huddersfield Town.

Pertandingan Liga Inggris di Stadion John Smith, Huddersfield, Sabtu (21/10/2017) itu berakhir dengan skor 2-1 untuk tim tuan rumah. Inilah kekalahan pertama MU musim ini. Buat Huddersfield, yang baru promosi ke Premier League, kemenangan ini adalah yang pertama di kompetisi tertinggi Inggris sejak 1952.

Gol Huddersfield dihasilkan Aaron Mooy di menit 28 dan Laurent Depoitre di menit 33. Kedua gol itu terjadi akibat kesalahan pemain MU, Juan Mata dan Victor Lindelof. “Setan Merah” memperkecil kekalahan melalui gol Marcus Rashford di menit 78.

“Gol itu terjadi karena kesalahan Mata dan Victor. Tapi pemain lain juga tampil amat buruk dan kami masih beruntung tidak kemasukan lebih banyak,” kata Mourinho seperti dikutip kantor berita AFP, Minggu (22/10/2017).

Jose Mourinho

“Saya masih bisa terima kekalahan jika lawan bermain lebih bagus dan lebih berkualitas. Tapi jika kami kalah karena sikap kami sendiri, ini benar-benar payah,” ujarnya.

“Saya mendengar Ander Herrera dalam sebuah wawancara mengatakan sikap dan hasrat yang parah. Saat pemain mengatakan dan merasakan hal seperti itu, saya rasa mereka semua harus datang ke jumpa pers dan menjelaskan alasannya karena saya tidak bisa menjelaskannya,” kata pelatih asal Portugal itu.

Sebelum melawat Stadion John Smith, MU baru kemasukan dua gol yaitu ketika imbang 2-2 melawa Stoke City, awal September 2017. Mourinho mengaku baru kali ini, dalam 15 bulan melatih MU, melihat mental pemain yang melempem.

“Saya bahkan tidak ingat laga persahabatan dengan sikap pemain seperti itu. Tentu saja hal ini mencemaskan saya karena apa yang terjadi hari ini bisa terjadi lagi di kemudian hari,” kata Mou.

Akibat kekalahan ini, MU semakin tertinggal dari rival sekotanya, Manchester City. “Citizens” memantapkan posisinya di puncak klasemen sementara dengan 25 poin dari sembilan pertandingan.

Tambahan tiga angka diraih lewat kemenangan 3-0 atas Burnley di Stadion Etihad, Manchester. Sergio Aguero mengawali keunggulan lewat eksekusi penalti di menit 30. Gol lain dihasilkan Nicolas Otamendi di menit 73 dan Leroy Sane di menit 75.