Lagu Indonesia Raya Stanza 3 Bisa Tumbuhkan Semangat Nasionalisme Generasi Muda

PONTIANAK (IndependensI.com) – Sosialisasi lagu Indonesia Raya Stanza 3 semakin sering dikumandangkan di berbagai acara. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka menumbuhkan semangat nasionalisme bagi generasi muda anak bangsa. Hal itu pula yang dilakukan oleh ratusan pelajar di lingkungan Lapangan Udara Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Para pelajar itu menyanyikan lagu Indonesia Raya stanza 3 di kawasan Main Apron Lanud Supadio untuk menyemarakkan Indonesia Jaya 2017. “Kegiatan ini diikuti oleh murid-murid TK Angkasa Lanud Supadio, siswa-siswi SDN 09 Kubu Raya, SMPN 3 Sungai Raya dan SMA Taman Mulia dan segenap pengurus Persatuan Isteri TNI Angkatan Udara Ardhya Garini (PIA AG) Cabang 19/D.I Lanud Supadio,” kata Ketua PIA AG Lanud Supadio, Ny Wanti Minggit Tribowo di Sungai Raya, Minggu (12/11/2017).

Menurut Wanti Minggit Triboowo, seluruh peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya stanza 3 menggunakan ikat kepala merah putih sambil mengibarkan bendera dengan latar 2 pesawat tempur Hawk 100/200 Skadron Udara 1.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT PIA AG ke-61 yang jatuh pada tanggal 25 November mendatang. Kegiatan yang melibatkan siswa-siswi ini bertujuan mengenalkan lagu Indonesia Raya stanza 3 kepada siswa-siswi yang ada di sekitar Lanud Supadio yang kita gelar dalam rangka HUT PIA AG,” tuturnya.

Dia meyakini bahwa sosialisasi lagu Indonesia Raya stanza 3 ini sangat penting bagi generasi muda guna menumbuhkan semangat nasionalisme generasi penerus bangsa.

Menurutnya, generasi muda merupakan harapan bangsa, karena merekalah yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. “Oleh karena itu mereka harus memiliki jiwa patriot dan semangat nasionalisme yang kuat guna mewujudkan cita-cita bangsa di masa mendatang,” katanya.

Berikut ini syair “Indonesia Raya Stansa 3/Bait III”

Indonesia, tanah yang suci,
Tanah kita yang sakti,
Di sanalah aku berdiri,
N’jaga ibu sejati.

Indonesia, tanah berseri,
Tanah yang aku sayangi,
Marilah kita berjanji,
Indonesia abadi.

S’lamatlah rakyatnya,
S’lamatlah putranya,
Pulaunya, lautnya, semuanya,
Majulah Neg’rinya,
Majulah pandunya,
Untuk Indonesia Raya.

Reff :
Indonesia Raya,
Merdeka, merdeka,
Tanahku, Neg’riku yang kucinta!
Indonesia Raya,
Merdeka, merdeka,
Hiduplah Indonesia Raya.