Penjual tiket undian dan pemenang merayakan kemenangan di sebuah toko lotre di Malaga yang menjual tiket “El Gordo” berisi nomor pemenang 71198, Jumat (22/12/2017). (AFP)

Karyawan Panti Wreda Mendadak Jadi Jutawan

JAKARTA (IndependensI.com) – Natal tahun ini memberi keceriaan buat karyawan Sagrado Corazon di Campo de Criptana, Spanyol. Sebanyak 22 orang karyawan di panti wreda itu menang hadiah utama lotre Natal tahunan Spanyol yang bernilai total lebih dari 10 juta euro atau lebih dari Rp160 miliar, Jumat (22/12/2017).

Masing-masing pekerja itu memegang minimal satu tiket pemenang yang bernilai sekitar 400.000 euro per tiket.

“Para karyawan itu memang amat membutuhkannya,” kata direktur panti, Ana Maria Campos, kepada media setempat.

Seorang pengemudi truk, yang menjadi sukarelawan di Sagrado Corazon, membeli 30 tiket undian dalam perjalanan ke Galicia di belahan barat laut. Dia menyimpan dua lembar tiket, memberikan masing-masing satu untuk dua saudara laki-lakinya, dan menjual kembali 26 tiket lain ke karyawan panti.

“Saya tidak menyangka bahwa saya membawa begitu banyak keberuntungan dan uang ke rumah saya,” kata Jesus Martinez, laki-laki 54 tahun yang sudah sekitar 10 tahun menjadi sukarelawan, kepada surat kabar El Espanol.

Dengan dua tiket yang dimilikinya, Martinez berhak atas hadiah 800.000 euro atau Rp12 miliar.

Wali Kota Campo de Cripana, Antonio Lucas-Torres, mengatakan bahwa dai “amat gembira, sebab apa pun yang mendatangkan uang ke Criptana pasti bagus karena bisa menggairahkan perekonomian kota.”

Campo de Criptana adalah salah satu kota di Spanyol yang sedang sengsara. Kota berpenduduk sekitar 14.000 jiwa yang terletak di Provinsi Ciudad Real itu punya tingkat pengangguran sekitar 19,4 persen. Artinya, hampir satu dari lima orang warganya tidak punya pekerjaan.

“Semua orang layak menang, tapi mereka lebih layak karena mereka sudah bekerja amat keras. Mereka sudah memberikan segalanya ke panti itu,” kata Lucas-Torres.

Undian Natal tahunan Spanyol, yang dikenal sebagai “El Gordo” (si Gendut), adalah salah satu lotre paling besar di dunia. Tahun ini, undian itu sudah membagian hadiah bernilai total 2,38 miliar euro.

Murid sekolah San Ildefonso menyanyikan nomor undian “El Gordo” di Royal Theatre di Madrid, Jumat (22/12/2017).

Berbeda dari undian lain yang hanya menghasilkan sedikit pemenang besar, undian Natal Spanyol dirancang untuk menyebarluaskan kesejahteraan. Di undian ini, ribuan nomor bisa dapat hadiah besar.

Tahun ini, nomor yang menang hadiah utama adalah 71198, yang terdapat di 1.600 lembar tiket dengan nilai total 680 juta euro. Sebagian besar di antaranya, 1.300 lembar tiket, terjual di Galicia.

Undian Natal bergulir tiap tahun tanpa putus sejak 1812. Bahkan perang saudara 1936-1939 tidak menghentikan undian tersebut. Waktu itu, kedua belah pihak yang bertikai sama-sama menggelar undian versinya sendiri.

Membeli tiket undian itu pun sudah menjadi salah satu tradisi Natal di Spanyol. Warga setempat sering membeli tiket beramai-ramai dan bersama-sama menunggu hasil undian.

Harga dasar tiket adalah 20 euro. Jelang pengundian biasanya terjadi antrean di luar toko lotre. Penarikan undian disiarkan langsung di televisi selama sekitar tiga jam.

Pengundian dilakukan dengan cara yang unik. Anak-anak dari sebuah sekolah di Madrid, yang dulunya panti asuhan, mengambil bola kayu yang berisi nomor pemenang. Selanjutnya mereka menyanyikan nomor-nomor tersebut.