Jalan Ahmad Yani Kota Bekasi jadi tempat CFD malam pergantian tahun.(ist)

Pergantian Malam Tahun Baru Jalan Ahmad Yani Bekasi Jadi CFD

BEKASI (IndependensI.com) – Pada malam pergantian tahun 2017 ke 2018, Minggu (31/12/2017),  Pemerintah Kota Bekasi menetapan Jalan  Ahmad Yani yang berada di depan Kantor Wali Kota Bekasi, car free night (CFN). Ditakair, sedikitnya 100.000 masyarakat, akan memadati jalan nasional tersebut.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi Deded Kusmayadi menyampaikan, kegiatan CFN direncanakan akan berlangsung sekitar pukul 23.00-00.30 WIB. Adapun lokasi yang dipergunakan adalah sepanjang Jalan Raya Ahmad Yani, Bekasi Selatan hingga Kawasan Summarecon Bekasi.

“Tetapi sepertinya warga sudah akan memadati lokasi acara mulai pukul 20.00 WIB,” ungkap Deded,  kemarin.

Diungkapkan, penumpukan arus lalu lintas dipastikan akan terjadi di sekitar Jalan Raya Ahmad Yani, Bekasi Selatan. Untuk itu arus kendaraan akan dialihkan ke beberapa ruas jalan.

Diantaranya untuk kendaraan yang mengarah ke Pulogadung, Jakarta Timur akan dialihkan menuju Jalan Raya Kemakmuran untuk mengakses Jalan Raya Sudirman dan Jalan Sultan Agung.

Sama halnya dengan pengendara yang mengarah ke wilayah Bekasi Utata, pengendara akan dialihkan menuju Jalan Raya Kemakmurah atau Jalan Hasibuan menuju Jalan Raya Veteran atau Jalan Juanda.

“Karena lokasi kegiatan menggunakan area CFD,  jadi skema pengaturan lalu lintasnya akan sama seperti ketika pelaksanaan CFD, dan di lapangan pengaturan akan kerjasama dengan kepolisian,” katanya.

Deded memprediksi, dalam kegiatan tersebut sekitar 100 ribu orang warga akan memadati Jalan Ahmad Yani hingga kawasan Summarecon Bekasi. Sebab kegiatan perayaan pergantian tahun baru di jalan terpusat di lokasi tersebut.

Pemerintah setemoat, rencananya akan melakukan sujud syukur bersama warga yang datang. Acara tersebut dilakukan di dekat panggung utama yang akan didirikan di depan kantor Pemerintahan Kota Bekasi.

“Warga yang datang akan lebih banyak dari CFD, kembang api pun sudah kami sediakan,” kata Deded.

Diimbau agar warga yang membawa kendaraan pribadi memarkirkan kendaraannya di beberapa titik kantong parkir yang sudah disediakan. Di antaranya di kantor Pemerintah Kota Bekasi, Gelanggang Olah Raga (GOR) Kota Bekasi serta beberapa gedung perkantoran yang ada di sepanjang Jalan Ahmad Yani.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliani menambahkan, dalam peraganyian tahun menuju 2018 pemerintah mengimbau agar warga tidak merayakan dengan konvoi atau beriringan di jalan. Sebab hal tersebut akan membuat jalanan padat.

“Janga sampai ada konvoi atau beriringan, ada baiknya warga merayakan secara sederhana di rumah,” kata Yayan. Pihaknya tetap memfasilitasi warga yang ingin menyelenggarakan di jalan. Caranya, dengan memusatkan kegiatan di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan.

“Pemerintah tetap memfasilitasi, tujuan kegiatan tersebut terpusat agar kepadatan lalu lintas tidak meluas ke ruas jalan lain,” lanjut dia.

Sebagaimana diketahui, Jalan Ahmad Yani Kota Bekasi, setiap hari Minggu sering digunakan senagai jalan bebas dari kendaraan, dan warga menggunakan fasilutas umum itu menjadi tempat berolahraga. (jonder sihotang)