Cristiano Ronaldo

Ronaldo Samai Rekor Puskas

JAKARTA (IndependensI.com) – Cristiano Ronaldo menorehkan sejumlah rekor saat Portugal imbang 3-3 dengan Spanyol pada penyisihan Grup B Piala Dunia 2018 di Sochi, Rusia, Jumat (15/6/2018).

Bintang Real Madrid itu memborong ketiga gol Portugal, masing-masing di menit 4, 44, dan 88. Ronaldo pun menyamai rekor Ferenc Puskas sebagai pencetak gol terbanyak Eropa di ajang internasional dengan 84 gol. Puskas memperkuat tim nasional Hungaria mulai 1945 hingga 1956.

Di antara semua pemain dari seluruh dunia, Ronaldo kini berada di bawah Ali Daei, yang mengumpulkan total 109 gol untuk Iran pada 1993-2006.

Ronaldo dua kali membuat Portugal unggul sementara di babak pertama. Tapi Spanyol mampu menyamakan skor lewat dua gol Diego Costa di masing-masing babak. Spanyol balik unggul lewat gol Nacho Fernandez di menit 58. Sekitar dua menit jelang akhir babak kedua, Ronaldo menyelamatkan Portugal dengan tendangan bebasnya yang akurat.

Di usianya yang sudah 33 tahun, Ronaldo menjadi pemain tertua yang mampu bikin hat-trick di Piala Dunia. Bintang iklan shampoo itu menumbangkan rekor Rob Rensenbrink, yang mengemas tiga gol untuk Belanda saat berusia 31 tahun di Piala Dunia 1978.

Hat-trick di Sochi menjadi yang ke-51 sepanjang karier Ronaldo di klub dan tim nasional. Tapi baru kali ini tiga golnya gagal membuat Portugal menang. Usai pertandingan, Ronaldo mengatakan hasil imbang ini “cukup wajar”.

“Kami banyak kehilangan, tapi kami tetap percaya diri hingga akhir,” kata Ronaldo seperti dikutip kantor berita ESPN.

“Ini baru pertandingan pertama. Kami harus langsung berhadapan dengan salah satu tim unggulan. Sejak awal kami sadar pertandingan akan berat,” ujar mantan penyerang Manchester United itu.

 

Iran Teratas

Sementara itu, Iran memuncaki klasemen sementara Grup B. Iran menempati urutan pertama dengan tiga poin setelah menang 1-0 atas Maroko di St Petersburg.

Kedua tim bermain sama kuat hingga jelang pertandingan berakhir. Iran menang setelah pemain Maroko, Aziz Bouhaddouz, memasukkan bola ke gawang sendiri sekitar lima menit memasuki injury time.

Portugal dan Spanyol berturut-turut menghuni peringkat dua dan tiga dengan masing-masing satu poin. Maroko di urutan terbawah tanpa poin.