Venus Williams. (Istimewa)

Venus Williams Kandas

MELBOURNE (IndependensI.com) – Petenis asal Amerika Serikat (AS), Venus Williams harus memendam kecewa terhenti di babak awal Australian Open 2018, Senin (15/1). Hal yang sama dirasakan petenis AS lainnya yang juga juara grand slam US Open, Sloane Stephens kandas lebih cepat dari prediksi sebelumnya. Kemudian CoCo Vandeweghe pun menemui kekalahan dan kehilangan sembilan dari 10 first-round matches di babak awal.

Empat bulan lalu, sedikitnya empat petenis AS menguasai babak semifinal US Open. Kini di Melbourne Park, untuk kali pertama dalam 36 tahun, tiga petenis diantaranya harus keluar dari arena pertandingan. Venus yang bermain tanpa didampingi sang adik yang juga juara bertahan, Serena Williams, dikalahkan Belinda Bencic 6-3, 7-5. Kekalahan ini menjadikan gelar Australian Open benar-benar terlepas dari Williams bersaudara.

Venus yang tercatat sebagai ungglan kelima, bermain tidak maksimal dan kerap dipatahkan servisnya. Ia bermain untuk kali ke-77 kali di ajang grand slam sepanjang karier. Bencic tidak pernah menang dari empat kali bertemu dengan Benus. Tahun lalu, Bencic malah dikalahkan Serena pada babak awal Australian Open. “Saya bermain lebih aman dan berhati-hati kali ini. Kali ini saya mencoba bermain lepas dan memukul bola sekeras mungkin,” ujar Bencic usai berlaga.

Saat pertandingan, Bencic sempat mencatat lima break point sebelum hujan menunda pertandingan hingga setengah jam.  Atap stadion Rod Laver Arena pun akhirnya ditutup dan pertandingan berjalan kembali. Bencic berhasil menuntaskan permainannya di set awal dan kembali mendominasi di set kedua hingga akhir. Bencic mencatat 32 winner dan 12 unforced error serta 11 kali mematahkan servis lawannya. Venus mencatat 26 unforced error dan 22 winner. Kali ini Venus kurang beruntung dalam undian draw, karena harus bertanding melawan petenis yang memiliki peringkat tertinggi di posisi tujuh.

Sementara itu Stephens harus mengakui keunggulan petenis berperingkat 34 asal Tiongkok, Zhang Shuai dengan skor 2-6, 7-6 (2), 6-2. Sedangkan Vandeweghe yang menjadi unggulan 10 dan sempat merasakan babak semifinal Australian Open dan US Open tahun lalu, harus terhenti di tangan Timea Babos 7-6 (4), 6-2. Dia sempat hukuman waktu karena terlalu lama saat makan pisang di lapangan.