Ilustrasi cabang angkat besi. (Dok/Ist)

PABBSI Pastikan Aturan Tidak Berubah

JAKARTA (IndependensI.com) – Pengurus Besar Persatuan Angkat Berat, Binaraga, dan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABBSI) memastikan tidak ada perubahan aturan pertandingan internasional jelang penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada Agustus.

“Jika ada aturan baru secara internasional, kami pasti akan mendapatkan sosialisasinya juga. Tapi, kami tidak mendapatkan informasi itu,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PABBSI Alamsyah Wijaya seperti dikutip dari Antara, Rabu (21/03/2018).

Kepastian tersebut mengenai aturan baru pertandingan internasional cabang angkat besi itu menyusul seminar ofisial teknsi tentang aturan baru yang digelar Federasi Angkat Besi Thailand di Bangkok pada 11-13 Maret. “Acara itu mungkin sosialisasi internal di negara mereka dan kami tidak diundang ke sana,” kata Alamsyah. PB PABBSI, lanjut Alamsyah, juga punya pengurus yang mejadi anggota dalam organisasi angkat besi Asia maupun dunia sebagai perwakilan dari Indonesia. “Pemberlakuan aturan baru tidak mungkin dilakukan dalam waktu singkat apalagi pada kejuaraan multi-cabang olahraga seperti Asian Games,” ujarnya.

Lebih jauh Alamsyah mengatakan, Federasi Angkat Besi Internasional (IWF) akan mengumumkan terlebih dahulu jika ada aturan baru pertandingan internasional yang harus diikuti negara-negara anggotanya. “Mereka seringkali menerapkan aturan baru pada pertandingan tunggal seperti kejuaraan dunia angkat besi. Itu pun juga didahului dengan sosialisasi,” ujarnya. Indonesia, menurut Alamsyah, menilai langkah AWF untuk menghapuskan nomor kelas 62 kilogram dalam Asian Games bersifat politis karena pengumuman itu terkesan mendadak.

Pada Selasa (8/3), OCA telah mengirim surat kepada Komite Olimpiade Indonesia (KOI) terkait nomor kelas 62 kilogram cabang angkat besi yang tetap digelar dalam Asian Games 2018. Keputusan OCA untuk menambah kelas 62 kilogram itu berarti menambah total kelas pertandingan cabang angkat besi menjadi 15 kelas yaitu delapan kelas putra dan tujuh kelas putri. Pada kelas pertandingan putra, nomor-nomor pertandingan yang akan digelar dalam Asian Games adalah nomor 56 kilogram, nomor 62 kilogram, nomor 69 kilogram, nomor 77 kilogram, nomor 85 kilogram, nomor 94 kilogram, nomor kelas 105 kilogram, dan nomor kelas +105 kilogram.