Pangeran William dan istrinya Kate mengenalkan bayi laki-laki mereka kepada publik. (Ist)

Kate Melahirkan Anak Ketiga, William Bawa Kedua Anaknya Jenguk Sang Adik

LONDON (Independensi.com) – Pangeran William membawa anak-anaknya, George dan Charlotte, untuk bertemu saudara baru mereka beberapa jam setelah kelahirannya di sebuah rumah sakit di London pada Senin (23/4/2018).

Istri William, Kate, melahirkan pada 10.01 waktu setempat (atau 17.01 WIB). Bayi yang akan menjadi pewaris tahkta pada urutan kelima itu memiliki berat 3,8 kilogram.

William hadir untuk kelahiran anaknya di Rumah Sakit St. Mary di London barat, dimana dua anak mereka juga dilahirkan di sana.

“Yang Mulia Putri dan anaknya baik-baik saja,” kata Istana Kensington.

Ratu Elizabeth, Pangeran Charles, kakek si bayi, dan anggota keluarga kerajaan lainnya serta keluarga Kate telah diberitahu dan “bahagia dengan kabar tersebut”, tambahnya.

William kemudian meninggalkan rumah sakit untuk bersorak dan meneriakkan selamat. “Aku akan kembali sebentar lagi,” kata adipati Cambridge tersebut sambil tersenyum dan melambai ketika dia pergi untuk menjemput dua anaknya yang lain.

Putri Charlotte, 2, kemudian melambai ketika dia memasuki rumah sakit, mendapat sorakan dari orang banyak.

Istana Kensington mengatakan, nama anggota kerajaan baru akan diumumkan pada waktunya. Para petaruh telah membuat Albert, Arthur, Jack dan Fred menjadi nama-nama favorit untuk anak laki-laki.

Bayi tersebut merupakan cucu keenam ratu dan berada di belakang kakeknya dan pewaris takhta Pangeran Charles, ayahnya William, dan saudara-saudara George, 4, dan Charlotte sesuai urutan tahta.

Perubahan hukum pada 2013 menandakan bahwa untuk pertama kalinya dalam sejarah Inggris, pangeran baru tidak akan menggantikan kakak perempuannya dalam urutan suksesi. Sebelumnya laki-laki yang lebih muda akan lebih diutamakan ketimbang saudara perempuan yang lebih tua.

Adik laki-laki William, Harry, yang menikahi aktris Amerika Serikat Meghan Markle bulan depan, jatuh ke urutan keenam dalam daftar.

Pengumuman resmi kelahiran dilakukan dengan menempatkan pemberitahuan pada papan kecil di halaman depan rumah ratu London, Istana Buckingham, sebuah tradisi yang telah ada sejak istanan tersebut menjadi kediaman resmi kedaulatan pada 1837.

“Ucapan selamat terhangat saya kepada Adipati dan Istri Adipati Cambridge atas kelahiran bayi laki-laki mereka,” kata Perdana Menteri Theresa May. “Aku mengharapkan kebahagiaan yang besar untuk masa depannya,” tambahnya.