Suasana di acara Sepeda Nusantara di Gorontalo Utara, (Istimewa)

Isnanta Lepas Tim Jelajah Sepeda Nusantara

JAKARTA (IndependensI.com) – Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Dr. Raden Isnanta M.Pd melepas tim Jelajah Sepeda Nusantara sekaligus fun bike dengan tema Indonesia Membangun di Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Sabtu (11/8/2018). Isnanta mengatakan, sejalan dengan penyelenggaraan Jelajah Sepeda Nusantara, pada hari ini secara resmi dibuka Liga Sepakbola Gorut dan Galadesa.

“Dengan mengucapkan Basmallah, saya lepas Tim Jelajah Sepeda Nusantara untuk kembali melanjutkan perjalanan menuju Bali, sekaligus membuka Gala Desa dan Liga Sepakbola Pelajar,” ujar Isnanta melalui rilisnya. Dijelaskannya, olahraga bersepeda juga untuk promosi wisata di berbagai daerah, dan untuk menyatukan berbagai kalangan seperti sekarang ini yang diselenggarakan di Gorontalo Utara.

“Olahraga sepeda ini juga sebagai bagian dari promosi wisata daerah. Semua di sini baik itu petani, pejabat, nelayan semua bersatu dalam olahraga. Olahraga menyatukan kita semua. Ini adalah miniatur, sebagai alat menyatukan kita semua. Berbagai keunggulan budaya kita mulai tergerus, untuk itu dengan olahraga kita satukan. Kita juga memperkenalkan kekayaan budaya, alam, kuliner dengan adanya jelajah sepeda nusantara ini,” paparnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo, Idris Rahim menyampaikan banyak terima kasih dengan adanya dukungan pemerintah pusat. “Terima kasih kepada pemerintah pusat, Kemenpora, yang menjadikan Gorut sebagai pelaksana Gala Desa dan event olahraga Sepeda Nusantara, karena ini sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat. Untuk mencapai pikiran yang waras harus dengan olahraga. Memasyarakatkan olahraga dan memasyarakatkan olahraga,” ujar Wagub Gorontalo Idris Rahim.

Menurut Idris pihaknya akan terus memacu sumber daya manusia di Provinsi Gorontalo, “Dan ada dua cabang olahraga yang berbicara di tingkat nasional dari Gorontalo, yakni sepak takraw dan ski air. Kedepan (Pemprov) akan membantu bersama-sama berbagai bidang olahraga. Selain jelajah sepeda nusantara, dengan adanya galadesa kita bisa menemukan potensi sepakbola agar bisa sampai ke tingkat nasional,” tuturnya.