IMF Beri Bantuan Penanganan dan Rehabilitasi Gempa Lombok dan Palu

Loading

BALI (independensi.com) – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, Indonesia akan menerima bantuan dari Bank Dunia untuk penanganan dan rehabilitasi bencana di Lombok (Nusa Tenggara Barat) dan Palu (Sulawesi Tengah).

Bantuan akan diberikan dalam bentuk kucuran dana serta pinjaman jangka panjang. “(Kesepakatannya) lagi dibicarakan. (Nilainya) nanti disampaikan,” kata Kalla di sela-sela acara Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Hotel Westin, Nusa Dua, Rabu (10/10/2018).

Kalla menjelaskan, untuk pinjaman jangka panjang, tenornya akan mencapai 35 tahun. Dengan begitu, Indonesia tidak akan terbeban oleh pinjaman tersebut sembari menggunakannya untuk merehabilitasi serta mengkonstruksi tempat-tempat yang rusak dan hancur akibat gempa maupun tsunami.

Pada saat bersamaan, CEO Grup Bank Dunia Kristalina Georgieva menyatakan, akan terus membahas skema bantuan ini secara intensif dengan pemerintah Indonesia.

Lebih jauh lagi, Georgieva menyarankan agar bantuan untuk rehabilitasi dan rekonstruksi dipakai membangun infrastruktur yang sekaligus mencegah bencana di kemudian hari.

“Kami menyarankan Indonesia investasi lebih banyak dalam hal pencegahan, evakuasi, dan pembangunan yang lebih baik setelah bencana terjadi. Kami siap mendukung pembangunan sekolah, rumah sakit, dan permukiman yang lebih tahan bencana,” tutur Georgieva.