Sejumlah Ruas Jalan di Ibu Kota Tak Boleh Dilewati Saat Malam Pergantian Tahun

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Polda Metro Jaya mengerahkan segala cara untuk menghalau masyarakat yang tetap nekat merayakan malam pergantian tahun. Polisi akan membubarkan kerumunan massa yang merayakan pesta malam tahun baru.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan skema penutupan jalan dan penyekatan kendaraan di daerah yang bersinggungan dengan DKI Jakarta.

Direktur Lalu lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, kepolisian bakal menerapkan Car Free Night dan Crowd Free Night di Jalan Sudirman-Thamrin dan Banjir Kanal Timur mulai 20.00 WIB sampai 03.00 WIB.

Sambodo mengatakan, selama itu kendaraan tidak diizinkan melintas kecuali ambulans. Larangan juga berlaku bagi pejalan kaki, pesepeda. “Jadi betul-betul kita lakukan sterilisasi di Sudriman-Thamrin dan Banjir Kanal Timur,” ujarnya, Kamis (31/12/2020).

Sambodo menjelaskan, Jalan Sudirman dan Thamrin serta Banjir Kanal Timur akan diberlakukan pengalihan arus lalu lintas dimulai dari Jalan Bundaran Senayan sampai Harmoni. Kendaraan dari arah Jalan Pattimura akan dibelokkan ke Jalan Sisingamangaraja.

“Tidak ada yang boleh masuk jalan Sudirman, Jalan Asia Afrika sudah kita sekat dari Hotel Fairmont Jakarta. Sementara untuk Semanggi hanya bisa barat ke timur, timur ke barat, samping Polda sudah tidak bisa turun, atau ke utara tidak bisa, dan Slipi hanya bisa ke arah Mampang, tidak bisa ke Sudirman atau turun ke Veteran, termasuk Kebon Sirih, dan Budi Kemuliaan, serta seputar kawasan Patung Kuda, seputar Monas termasuk Merdeka Utara, Merdeka Timur, dan Merdeka Barat, serta Merdeka Selatan steril dari kerumunan sampai ke Harmoni,” papar dia.

Lebih lanjut, Sambodo menjelaskan, penyekatan di daerah penyanggah DKI Jakarta. Kepolisian menempatkan personel di 11 lokasi yaitu di ring road tegal alur, perempatan Pasar Jumat dan Ciledug, Univesitas Indonesia, Joglo, Kalideres, Kembangan, Kalimalang, Jalan Raya Bogor dan di depan Polsek Batu Ceper, serta Harapan Indah.

Sambodo menerangkan, penyekatan bukan berarti menutup total DKI Jakarta. Tapi, kendaraan dari Depok, Bekasi, dan Tangerang yang hendak menuju diseleksi sehingga menutup ruang masyarakat yang ingin merayakan malam tahun baru di Jakarta.

“Semua titik akan dilaksanakan penyekatan mulai 8 malam sampai pukul 01.00 WIB pada Januari 2020,” ucap dia.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan, personel kepolisian setempat akan mensosialisasikan kepada masyarakat supaya merayakan tahun baru di rumah masing-masing.

“Kita beritahu bahwa di Jakarta tidak ada lagi keramaian, khususnya di malam tahun baru ini salah satunya, kita imbau sosialisasi untuk di rumah saja karena semua objek wisata berjanji bersama tidak melakukan kegiatan apapun pada malam tahub baru” tandas dia.