Ekspor Makanan Olahan ke Korea Naik 43,81%

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan Arlinda mengatakan, makanan olahan Indonesia terus menggempur pasar Negeri Ginseng Korea Selatan (Korsel). Pada semester I 2017 ekspor produk ini meningkat sebesar 43,81% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menjadi senilai USD 57,05 juta.

Arlinda menambahkan “ beberapa produk yang permintaannya meningkat antara lain tembakau, molase, rumput laut, malt, serta wafer.”

“Dalam lima tahun terakhir, tren ekspor makanan olahan Indonesia ke Korsel meningkat sebesar 7,66% dengan nilai ekspor pada 2016 sebesar USD 94,18 juta. Capaian ini tidak lantas menjadikan kita terbuai. Nilai ini akan terus digenjot,” kata Arlinda.

Indonesia bersama negara-negara ASEAN lain merupakan pemasok produk makanan olahan ke Negeri K-Pop itu. Kali ini, ekspor produk makanan olahan Indonesia ke Korsel akan digenjot lewat pameran ASEAN Trade Fair 2017 di Seoul, Korsel pada 25-28 Oktober 2017.

Kemendag bekerja sama dengan Atase Perdagangan RI di Seoul, Kedutaan Besar RI di Seoul, dan ASEAN-Korea Centre (AKC) menghadirkan Paviliun Indonesia dalam pameran tersebut. Pameran ASEAN Trade Fair 2017 dilaksanakan bersamaan dengan Food Week Korea 2017 pada 25-28 Oktober 2017.

“Pameran ini menjadi peluang untuk memasuki pasar Korsel yang potensial. Partisipasi Indonesia juga memberi kesempatan bagi industri produk makanan olahan dan produk terkait lainnya dari Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini di pasar Korsel,” ujar Arlinda.

“ Para peserta pameran juga dapat memperoleh informasi mengenai perkembangan industri makanan Korsel, aturan impor yang berlaku, serta membedah selera konsumen lewat seminar dan mempelajari industri Korsel lewat kunjungan ke perusahaan-perusahaan”. Tambah Arlinda

Dalam ASEAN Trade Fair 2017, Paviliun Indonesia menampilkan 10 perusahaan makanan dan minuman. Perusahaan-perusahaan ini telah melewati proses seleksi terlebih dahulu. Produk-produk yang dipamerkan dan ditawarkan ke pasar Korsel antara lain ready to drink tea, instant noodle, noodle snack, confectionery, ginger tea, ginger coffee, crackers & peanuts, healthy curcumin drink, chocolate, biscuit, snack, candies, chewy, fruit juice (nata de coco, aloe vera, jellies), biscuit, spice, sauce (chili mix, satay sauce, chili sauce), nut, honey (peanut butter), dan fruit (puree: jams, sauce).