Jonatan Christie. (Istimewa)

Jonatan Kandaskan Lin Dan

JAKARTA (IndependensI.com) – Kejutan terjadi kala tunggal putra Jonatan Christie di putaran pertama turnamen bulutangkis China Terbuka 2017, menekuk pemain senior asal tuan rumah Lin Dan, Rabu (15/11). Jonatan yang datang tanpa status unggulan, berhasil menyingkirkan pemain senior unggulan tiga tersebut di depan publiknya sendiri dengan kemenangan dua gim langsung 21-19, 21-16 yang sekaligus membuat panjang asa tunggal putra Indonesia di turnamen level Super Series Premier tersebut.

“Titik paling penting ada di gim pertama. Karena poinnya selalu ketat. Saya sendiri berusaha tidak kecolongan di gim pertama, karena bisa jadi di game kedua dia lebih percaya diri dan saya jadi ngedrop. Jadi sebisa mungkin poin-poin penting saya paksa, apalagi ketika 17 sama, saya banyakin smash dan cepetin di lapangan,” kata Jonatan seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI.

Menang di gim pertama, Jonatan meneruskan tren positif penampilannya di gim kedua. Ia terus memimpin jalannya pertandingan hingga 20-9. Suasana sempat menegang manakala Jonatan tak bisa mengalahkan Lin Dan begitu saja. Jonatan bahkan harus bersabar ketika Lin Dan mencoba menyusul hingga 20-16. Beruntung akhirnya tunggal putra Pelatnas PBSI tersebut bisa memenangkan gim kedua dengan 21-16. Hal itu terlihat, tambah Jonatan, ketika di gim kedua bola-bola Lin Dan banyak yang keluar sehingga membuka kesempatan wakil Indonesia untuk mengunci kemenangannya.

Kemenangan ini, selain memperkecil rekor buruk pertemuan Jonatan dengan Lin Dan menjadi 2-3, membuat Jonatan menjadi satu-satunya tunggal putra tersisa, selepas Anthony Sinisuka Ginting ditumbangkan wakil Hong Kong Ng Ka Long Angus yang akan menjadi lawannya di putaran dua.