Ilustrasi renang akuatik. (Istimewa)

Indonesia Raih Debut Medali Emas

JAKARTA (IndependensI.com) – Indonesia akhirnya mendapatkan emas perdana turnamen uji coba akuatik bertajuk CIMB Niaga Indonesia Open Aquatic Championship 2017 saat gelaran tersebut melaksanakan pertandingan hari keduanya, Rabu (6/12). Indonesia memastikan emas dalam turnamen hari kedua yang dilangsungkan di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta itu, melalui pasangan asal DKI Jakarta Andriyan/Adityo Restu Putra di nomor menara sinkronisasi putra dengan membukukan poin 336,45, unggul ketat atas duet Malaysia Jellson Jabillin/Hanis Nazirul Jaya Surya dengan total poin 330,81.

“Kami bersyukur mendapatkan emas di sini, walau sebetulnya tadi ada kendala alas menara yang licin, sehingga kami tidak cukup maksimal,” kata Andriyan seperti dikutip dari Antara. Terkait dengan poin yang ketat, pasangan teraebut mengatakan hal itu dikarenakan mereka belum sempat berlatih maksimal, terlebih mereka juga harus beradaptasi dengan Stadion Akuatik Gelora Bung Karno yang baru direnovasi ini. “Ke depan kami harus berlatih lagi dan lebih cepat beradaptasi karena kami juga ingin maksimal di sini agar berkesempatan membela Merah Putih di Asian Games 2018,” ucap Adityo.

Selain memperoleh emas, kontingen Indonesia juga mendapatkan medali perak di hari kedua ini melalui atlet asal Jawa Timur Della Dinarsari di nomor yang memperoleh total poin 210,80, mengungguli wakil Thailand Khunboonjan Kwanchanok dengan total poin 120,25. Namun capaian Dinar belum bisa mengungguli wakil Malaysia Jasmine Lai yang mengoleksi total 247,20 poin di peringkat pertama.

Sementara itu, sebelum pertandingan loncat indah, turnamen yang sekaligus Kejuaraan Nasional untuk pemain kategori junior ini juga memainkan renang artistik nomor Solo Technical, gelar juara diraih Livia Lukito (Jawa Timur) dengan total nilai 65.0991, peringkat dua Andriani Shintya Ardhana (DKI Jakarta) mengumpulkan nilai 62.2019 dan ketiga Sherly Haryono (Jawa Timur) 61.7207 poin.

Dalam Duet Technical, juara berhasil diraih Andriani Shintya dan Naima Syeeda (DKI Jakarta) dengan raihan 60.2356 poin. Mengungguli Iin Rahmadhania dan Nurfa Nurul (Sulawesi Selatan) yang mengantongi 57.7215 poin. Tempat ketiga diduduki atlet DKI Jakarta lainnya Hilda Tri dan Gabrille Permata Sari 57.3054 poin. Selanjutnya di nomor Team Technical, pasukan DKI Jakarta yang diisi Andriani Shintya, Naima Syeeda, Visky Sekar, Hilda Tri, Gabrille Permata Sari, Naura Ulfa dan Thytania Rhamadini, tampil gemilang menjadi juara setelah mengantongi 58.5031 poin. Tim Yogyakarta yang dibela Aurelia Candra, Dinda Cahya, Elizabeth Sekar, Lintang Calavera, dan Putu Ayu, harus puas di tempat kedua dengan poin 42.6930.

Pada hari Kamis (7/12), turnamen ini akan memainkan cabang renang artistik di nomor Solo Free Routine dan Duet Free Routine, serta loncat indah, nomor Menara Sinkronisasi Putri dan Papan 3 Meter Sinkronisasi Putra, yang dimulai Pukul 09.00 WIB.