Uskup Agung Semarang Serukan Umat Katolik Tenang

YOGYAKARTA (IndependensI.com) – Uskup Agung Semarang Mgr. Rubyatmoko menyerukan agar umat Katolik menyikapi situasi yang terjadi dengan tenang.
“Para rama dan saudara-saudara yang saya kasihi. Mari menyikapi keadaan yang terjadi di Yogyakarta dengan hati dingin,” kata Rubyatmoko, Minggu (11/02/2018).
Ia menyatakan jangan sampai umat dan masyarakat saling bermusuhan akibat kejadian ini. Dan jangan sampai Gereja diadu melawan pemerintah. “Oleh karena itu saya mengajak anda semua untuk menenangkan diri,” kata Uskup Agung Semarang yang dibiasa dipanggil Romo Ruby.
Seorang pria tidak dikenal secara membabi buta menyerang umat dan pastor yang sedang menjalankan ibadah misa di gereja St Lidwina, Bedog, Desa Trihanggo, Kecamatan Gamping, Sleman, Yogyakarta, Minggu (11/02/2018) pagi. Penyerangan dilakukan dengan senjata tajam berupa pedang.
Insiden ini mengakibatkan tiga umat dan satu orang romo yaitu Pastor Karl-Edmund Prier SJ, biasa dipanggil Romo Prier, serta satu orang petugas kepolisian yang berusaha menenangkan pelaku, mengalami luka sabetan pedang dan harus dilarikan ke rumah sakit.