Pedesrtian di Jalan Ahmad Yani Kota Bekasi. (ist)

Pedestrian Untuk Kenyamanan dan Keindahan Kota

BEKASI (IndependensI.com)- Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, terus memperindah wilayahnya. Saat ini, di beberapa jalan protokol seperti Jalan Ahmad Yani, Jalan Raya KH Nur Alie Kalimalang, Jalan Rawtembaga dan lainnya, telah dibangun pedestrian.

Pedestrian di Jalan Ahmad Yani, sisi utara menghabiskan  anggaran Rp 20 miliar, Jalan KH Noer Ali Rp 10 miliar dan Jalan Chairil Anwar Rp 5 miliar.

Pemerintah berharap agar masyarakat yang menetap atau bekerja di pusat kota tidak perlu lagi menggunakan kendaraan untuk menempuh ke titik lainnya yang dianggap berdekatan.

Misalnya, penghuni apartemen atau karyawan kantoran tidak perlu memakai kendaraan menuju rumah makan, pusal perbelamjaam yang berjarak sekitar 1-4 kilometer. Mereka bisa berjalan kaki di jalur pedestrian yang disediakan pemerintah daerah.

Pemerintah daerah telah mencanangkan pembukaan jalur pedestrian sepanjang satu kilo meter setiap tahun. Kemudian akan memasang fasilitas internet gratis atau Wi-Fi, tong sampah dan pemasangan kamera CCTV sebagai sarana pengawas keamanan.

Pembangunan pedestrian ini, selain menciptakan kondisi yang indah, nyaman dan asri, juga salah satu upaya untuk meraih penghargaan Adipura. Tetapi Adipura yang akan diraih harus menjadi ‘Adipua yang bermartabat,” ungkap Sekda Kota Bekasi, Rayendra Sukarmadji, belum lama ini. (adv/humas/jon)