Ilustrasi. (Dok/Ist)

Adinda Pecahkan Rekor Nasional

JAKARTA (IndependensI.com) – Perenang putri, Adinda Larasati Dewi sukses memecahkan rekornas nomor 200 meter gaya kupu-kupu putri pada kejuaraan renang Singapore National Age Group di OCBC Aquatic Centre, Singapura, Rabu (14/3/2018). Catatan waktunya menembus limit Youth Olympic Games (YOG).

Seperti dikutip dari Antara, Adinda membukukan catatan waktu dua menit, 12,92 detik atau lebih tajam dari rekor sebelumnya yang dipegang oleh Monalisa Arieswaty Lorenza dengan waktu dua menit, 13,08 detik. “Saya senang bisa pecahkan rekornas. Perjuangannya sulit. Semoga ini menjadi start yang bagus di awal tahun 2018,” kata atlet renang berusia 18 tahun itu.

Pemecahan rekornas tersebut ternyata terjadi pada babak penyisihan. Di babak final, Adinda yang juga salah satu atlet pelatnas Asian Games 2018 Jakarta-Palembang ini berhasil menjadi yang terbaik. Hanya saja catatan waktunya hanya dua menit, 13,07 detik. Apa yang diraih oleh Adinda sangat diapresiasi oleh Wakil Ketua Umum PB PRSI Harlin Rahardjo. Menurut dia, prestasi yang diraih Adinda merupakan kejutan. Apalagi catatan waktu terbaiknya selama ini hanya dua menit, 14,05 detik.

“Tidak disangka Adinda begitu impresif dengan catatan waktu dua menit, 12,92 detik. Padahal periodesasi latihan masih pada tahap latihan dengan volume tinggi. Kami berharap performa Adinda menginspirasi perenang-perenang muda Indonesia lainnya,” kata Harlin. Dia juga memberikan ucapan selamat karena Adinda dan Azzahra Permatahani yang sukses menembus limit A YOG pada nomor 200 meter gaya kupu-kupu putri. Adapun catatan waktu terbaik Azzahra adalah dua menit, 14,91 detik.

Lebih jauh Herlin menegaskan, apa yang diraih oleh perenang Indonesia itu tidak lepas kerja keras pelatih dalam menggembleng atlet muda selama pelatnas di Bali. Tidak hanya pada sektor putri, perenang putra juga menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Perenang jarak jauh Athalarik Maulidio dari Jawa Barat pada nomor 800 meter dengan waktu 8:24,24 detik yang menempati peringkat dua, dan Fauzan Martzah pada nomor 200 meter gaya kupu-kupu catatan waktunya lebih tajam menjadi 2:06,73 detik.