Taksi Seruduk Penonton Piala Dunia

JAKARTA (IndependensI.com) – Sebuah taksi tiba-tiba menyeruduk kerumunan orang dekat Lapangan Merah Moskow, Rusia, Sabtu (16/6/2018). Sebanyak tujuh orang luka-luka, termasuk dua orang Meksiko yang datang ke Rusia untuk menyaksikan Piala Dunia 2018.

Peristiwa itu terjadi saat warga setempat dan penggemar sepakbola berjalan-jalan menikmati musim panas, tidak jauh dari Kremlin.

Otoritas pengelola lalu-lintas Moskow mengatakan pengemudi taksi memegang surat izin mengemudi (SIM) yang dikeluarkan di Kyrgyzstan, salah satu pecahan Uni Soviet yang mayoritas penduduknya Muslim.

Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin menyatakan keprihatinannya. “Terjadi peristiwa tidak menyenangkan yang melibatkan sebuah taksi. Pengemudi tidak bisa menguasai kendaraannya,” cuit Sobyanin di Twitter.

Pengemudi, yang masih ditahan polisi, mengaku tidak sengaja menabrakkan mobilnya ke arah pejalan kaki. Namun aparat keamanan Rusia tidak begitu saja mempercayai keterangan pengemudi. Aksi menabrak kerumunan orang yang beberapa kali terjadi di Eropa dilakukan oleh teroris.

Polisi Moskow mengatakan tujuh orang terluka. Dinas kesehatan Moskow mengatakan sebelumnya ada delapan korban luka yang dibawa ke rumah sakit. Sebanyak tujuh orang di antaranya hanya luka ringan, sementara seorang perempuan mengalami luka serius.

Kedutaan Besar Meksiko di Moskow mengatakan dua orang perempuan Meksiko luka ringan. Korban lain adalah seorang warga Ukraina, dua orang Rusia, dan dua warga Azerbaijan, kata kantor berita Rusia, RIA, mengutip sumber di dinas pertolongan darurat.

Video yang diunggah di media sosial memperlilhatkan mobil kuning merek Hyndai berbelok keluar dari kemacetan, tancap gas, dan naik ke trotoar yang dijejali pejalan kaki. Taksi itu terus berjalan sekitar 10meter sepanjang trotoar dan menabrak sejumlah orang. Mobil baru berhenti setelah menabrak tiang.

Beberapa orang yang ada di sekitar lokasi kejadian langsung mendekati mobil dan membuka pintu pengemudi. Pengemudi, yang menakan pakaian hitam, melompat keluar dan berusaha melarikan diri. Orang-orang mengejarnya dan berhasil meringus si pengemudi.

Saksi meta mengatakan bahwa beberapa orang yang ditabrak mengenakan pakaian bercorak warna bendera Meksiko. “El Tri” dijadwalkan menghadapi Jerman di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (17/6/2018).