Pemain Prancis, Samuel Umtiti (tengah), bersama Antoine Griezmann (kiri) dan Raphael Varane, merayakan golnya ke gawang Belgia pada semifinal Piala Dunia 2018 di St Petersburg, Rusia, Rabu (11/7/2018) dini hari WIB. (Foto: FIFA)

Umtiti Pastikan Prancis ke Final

JAKARTA (IndependensI.com) – Samuel Umtiti mencetak gol kemenangan 1-0 Prancis atas Belgia pada semifinal Piala Dunia 2018 di St Petersburg, Rusia, Rabu (11/7/2018) dini hari WIB. Prancis pun lolos ke final Piala Dunia untuk ketiga kalinya dalam 20 tahun terakhir.

Kedua tim sama-sama gagal memaksimalkan peluang di babak pertama. Kapten Belgia, Eden Hazard, belum mampu menaklukkan kiper Prancis, Hugo Lloris. Di bagian lain, kiper Belgia, Thibaut Courtois, mematahkan serangan Toby Alderweireld dan Benjamin Pavard.

Gol baru tercipta di menit 51. Umtiti, yang menyusup ke kotak penalti, menyambut tendangan sudut Antoine Griezmann dengan sundulan. Courtois berusaha menahan tapi bola melesat di luar jangkauannya.

“Para pemain mencapai kemajuan yang luar biasa. Mereka akan menjadi pemain yang lebih kuat dalam dua hingga empat tahun lagi. Tapi hari ini mereka sudah kompetitif. Kami belum melakukan segalanya dengan baik tapi sudah ada kemajuan,” kata pelatih Prancis, Didier Deschamps, seperti dikutip fifa.com.

“Saya bangga terhadap mereka, saya amat bangga dengan mentalitas mereka. Kita tahu beratnya tekanan pada pertandingan di tingkat tinggi ini. Semua orang menuntut kami bikin gol. Saya bersyukur kami bisa melakukannya,” ujarnya.

Pelatih Belgia, Roberto Martinez, memuji rapatnya pertahanna Prancis. “Pertandingan tadi amat ketat. Tidak banyak kejadian penting yang bisa menentukan jalannya pertandingan. Perbedaan antara menang dan kalah ditentukan lewat bola mati. Hal itu mencerminkan ketatnya pertandingan,” ujarnya.

“Kita harus memuji cara Prancis bertahan, dengan menempatkan penyerang cukup jauh di belakang. Kami tidak mampu menemukan keajaiban di depan gawang dan kami kurang beruntung,” kata Martinez.