Tim Jelajah Sepeda Nusantara 2018 tengah bersiap untuk kembali mengayuh sepedanya menuju Kabupaten Mamuju Tengah, Kamis (2/8/2018). (Istimewa)

Sepeda Nusantara Menuju Mamuju Tengah

MAMUJU (IndependensI.com) – Setelah melakukan istirahat satu hari di Kota Mamuju yang sekaligus menikmati keindahan panorama Pantai Manakarra, Tim Jelajah Sepeda Nusantara 2018 kembali mengayuh sepedanya menuju Kabupaten Mamuju Tengah, Kamis (2/8/2018). Setelah itu, mereka akan lanjut ke Kabupaten Mamuju Utara sebagai batas terluar Provinsi Sulawesi Barat dalam rangka menyebarkan “virus” berolahraga kepada masyarakat sekaligus menggelorakan ajang Asian Games dan Asian Para Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta-Palembang beberapa hari kedepan.

Seperti dikutip dari rilis humas Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, rombongan yang menjadi duta dari Kemenpora yang tergabung dibawah payung “Ayo Olahraga” itu, dilepas oleh Dirlantas Polda Sulawesi Barat Kombes Chiko Ardwiatto. Chiko pun ambil bagian dalam rombongan Tim Jelajah untuk mengayuh sepeda hingga ke halaman kantor Polda Sulawesi Barat. Disampaikan oleh Kombes Chiko Ardwiatto, sejak pembentukan Polda wilayah Sulawesi Barat satu tahun setengah yang lalu, Polda Sulawesi Barat masih menempati kantor Polda sementara hingga selesainya dibangun Kantor Polda Sulawesi Barat yang saat ini, dan baru ditempati sejak dua pekan yang lalu.

Polda Sulawesi Barat terus melakukan pembenahan infrastruktur pendukung untuk menunjang aktifitas kepolisian untuk wilayah Provinsi Sulawesi Barat. Setiba di halaman kantor Polda, Tim Jelajah juga disambut oleh Wakapolda Kombes Pol Drs. Endi Sutendi dan menyempatkan diri berfoto bersama Tim Jelajah sebelum melanjutkan perjalanan. Ini akan menjadi rute terpanjang para pegowes dengan menyusuri area persawahan dan pinggir pantai, pasalnya rombongan yang dipimpin oleh Road Captaint 1 Fito Bakdho Prioanji (Kalbar) dan Road Captaint 2 Dede Supriatna (Jabar) akan menempuh jarak 300 Km menuju Mamuju Tengah. Koordinator lapangan Tim Jelajah Sepeda Nusantara 2018, Agus “Gaus” Santosa mengatakan, rombongan akan tiba di Kantor Bupati dan akan disambut kehadirannya oleh Bupati setempat.

Sebelumnya, setelah beristirahat satu malam di Kabupaten Majene, rombongan Tim Jelajah Sepeda Nusantara dilepas oleh Wakapolres Majene Muhammad Arif dan didampingi oleh Asisten 1 Pemerintah Daerah Kota Majene H. Sudirman, Selasa (31/7/2018) menuju Ibukota Sulawesi Barat, Mamuju. “Kami pun menyampaikan terima kasih karena Tim Jelajah Sepeda Nusantara telah menyambangi dan bermalam di Kota Majene. Kami sangat mengapresiasi tim yang menjadi duta Kemenpora yang terus menggelorakan ajakan untuk berolahraga,” ucap Wakapolres Majene Muhammad Arif.

Tim langsung mengambil jalur lintas poros utama Sulawesi Barat dan akan menempuh jarak lebih kurang 145 kilometer menuju Mamuju. Mereka melintasi jalan trans nasional wilayah Sulawesi Barat yang merupakan hasil pembangunan pemerintah. Pemerintah melalui Kementerian PUPR mengucurkan dana senilai lebih kurang Rp. 40.85 miliar untuk anggaran tersebut dimanfaatkan untuk pemeliharaan jembatan sepanjang 7.472,2 meter dan pemeliharaan jalan nasional sejauh  491 kilometer dalam wilayah Provinsi Sulawesi Barat.

Hal senada juga diungkapkan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Dr. Raden Isnanta M.Pd, yang mengatakan, tim dalam keadaan sehat dan bugar untuk terus mengeksplor budaya, keunggulan-keunggulan wisata daerah yang dilewati sekaligus menyemarakkan dan mempopulerkan serta mempromosikan dua pesta olahraga terbesar yang akan dihelat bangsa ini yakni Asian Games dan Asian Para Games 2018. “Misi inilah yang terus diemban oleh para duta Kemenpora melalui tim Jelajah Sepeda Nusantara 2018,” pungkas Raden Isnanta.