Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia

Tunjukkan Gigi Bersihmu

DEPOK (IndependensI.com) – Lulus SMA, kemudian diterima menjadi mahasiswa baru Universitas Indonesia, merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi diri sendiri dan keluarga. Namun, waktu berbangga dan euforia kesenangan tidak boleh berlama lama.

Mahasiswa baru harus dapat beradaptasi dengan lingkungan belajar baru dan mengetahui apa yang harus dilakukan untuk dapat melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat (Pengmas). Oleh karena itu, FIK-UI mempunyai program Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) yang bertujuan untuk membantu mahasiswa beradaptasi dengan lingkungan belajar yang baru.

Dalam rangka belajar melakukan kegiatan Pengmas, mahasiswa baru FIK UI 2018 mengadakan acara Pengabdian Masyarakat dengan tema “Tunjukkan Gigi Bersihmu”. Kegiatan ini dilaksanakan pada 22 September 2018, pukul 07.30-09.30 di Aula Sekolah Master Indonesia, Jalan Margonda Raya No. 58, Depok.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dr.Tuti Nuraini, S.Kp., M.Biomed., sebagai Manajer Kemahiswaan, Anti selaku Kepala Sekolah di Sekolah Master Indonesia, 60 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan UI 2018, 55 anak SD kelas 1-3 Sekolah Master Indonesia, dan tujuh perwakilan Panitia Orientasi Kegiatan Kampus Masa Bimbingan FIK UI 2018.

Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia

Kegiatan dimulai dengan meriah oleh Laura Peby dan Syan Sarmila sebagai MC dan dibuka dengan berdoa lalu dilanjutkan dengan perkenalan. Setelah pembukaan acara, acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama dari Kepala Sekolah Master Indonesia, Ibu Anti, sambutan yang kedua oleh Nadiyatuz Zahrah sebagai Ketua Pelaksana, dan sambutan yang terakhir oleh Dr. Tuti Nuraini, S.Kp., M.Biomed., sebagai Manajer Kemahasiswaan dan Alumni.

Kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok mentoring. Anak-anak Sekolah Master Indonesia dibagi ke dalam 7 kelompok. Di dalam kegiatan ini para mentor melakukan kegiatan diskusi dan menayangkan film kartun pendek mengenai cara menggosok gigi yang baik dan benar kepada anak-anak Sekolah Master Indonesia.

Kegiatan ini berlangsung selama 30 menit.  Setelah kegiatan mentoring selesai dilanjutkan dengan kegiatan klarifikasi materi oleh Khoiruni Aulia Saidah dan Shafa Rizqitha. Di dalam kegiatan klarifikasi, pemateri menyampaikan informasi dengan cara yang sangat kreatif, yaitu dengan cara membuat sebuah lagu yang di dalamnya membahas mengenai tata cara menggosok gigi yang baik dan benar. Penyampaian materi dengan metode tersebut disambut dengan baik oleh para peserta, hal ini dapat dilihat dari keaktifan dan antusias para peserta.

Tidak hanya memberikan informasi mengenai cara menggosok gigi yang baik dan benar, tetapi Mahasiswa FIK UI 2018 juga memberikan souvenir berupa sikat gigi dan odol kepada para peserta dengan harapan agar para peserta dapat mengaplikasikan mengenai apa yang sudah disampaikan melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat ini. Untuk menambah semangat, Mahasiswa FIK UI 2018 juga membagikan bingkisan berupa snack kepada para peserta. Sebagai penutup acara, tidak lupa semua yang hadir di dalam acara kegiatan Pengabdian Masyarakat ini melakukan kegiatan sesi foto bersama.

Dr. Tuti Nuraini, SKp., M.Biomed selaku Manajer Kemahasiswaan FIK-UI dan Adriel selaku ketua pelaksana Pengenalan Sistem Akademik Fakultas Ilmu Keperawatan UI 2018 berharap mahasiswa FIK-UI sudah terlatih melaksanakan peran sebagai calon perawat profesional sejak awal perkuliahan. Mahasiswa tidak hanya memiliki nilai akademis yang baik, tapi, mereka juga punya rasa sosial yang tinggi terhadap permasalahan yang ada di sekitarnya. Kegiatan diawali dari lingkungan yang terdekat, yaitu di Sekolah Master Indonesia.